Sabtu, 29/02/2020

Dinkes PPU Temukan Tujuh Kasus HIV/AIDS

Sabtu, 29/02/2020

Eka Wardhana

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Dinkes PPU Temukan Tujuh Kasus HIV/AIDS

Sabtu, 29/02/2020

logo

Eka Wardhana

KORANKALTIM.COM, PENAJAM - Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menemukan tujuh kasus orang dengan HIV/AIDS (ODHA) pada Januari-Februari 2020. 

“Di sepanjang tahun ini kami temukan sebanyak tujuh kasus, enam diantaranya sudah berobat, satunya segera mendapatkan penanganan,” ungkap Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Menular Dinkes PPU, Eka Wardhana ketika ditemui, Jumat (28/2/2020) kemarin.

Dari tujuh kasus tersebut, kata Eka, mayoritas ditemukan oleh petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) ketika melakukan pemeriksaan kesehatan. Mereka masing-masing tersebar di Kecamatan Penajam, Sepaku dan Waru.

“Tahun ini proses screening belum dilakukan. Jadi mereka didapati ketika melakukan pemeriksaan di Puskesmas, kan sudah dalam keadaan sakit,” akunnya.

Tahun ini, sebut Eka, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) sudah bisa melakukan penanganan terhadap masyarakat yang terjangkit penyakit mematikan tersebut.

Tahun sebelumnya, para ODHA di Benua Taka harus menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin di Balikpapan karena rumah sakit pelat merah setempat belum menyediakan layanan bagi penderita HIV/AIDS.

“RSUD RAPB sudah bisa memberikan pelayanan, obatnya sudah ada, tinggal pelimpahan dari RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan ke sini,” terangnya.

Ditambahkannya, pada 2018 lalu, Dinas Kesehatan Kabupaten PPU mendapatkan sebanyak 68 kasus, 13 orang diantaranya meninggal dunia, sementara untuk di 2019 ditemukan 31 kasus dan meninggal dunia delapan orang. 


Penulis: Erwin

Editor: M. Huldi

Dinkes PPU Temukan Tujuh Kasus HIV/AIDS

Sabtu, 29/02/2020

Eka Wardhana

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.