Rabu, 21/08/2019

Lirik IKN, Bupati AGM Tawarkan 4 Kecamatan

Rabu, 21/08/2019

Abdul Gafur Mas’ud

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Lirik IKN, Bupati AGM Tawarkan 4 Kecamatan

Rabu, 21/08/2019

logo

Abdul Gafur Mas’ud

KORANKALTIM.COM, PENAJAM - Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud kembali menyatakan kesiapan kabupaten yang ia pimpin untuk menjadi Ibu Kota Negara. Pernyataan itu ia sampaikan usai menghadiri pembukaan Konsultasi Regional Penyusunan Rancangan Awal RPJMN 2020 - 2024 di Kota Balikpapan.

Abdul Gafur Mas’ud (AGM) mengakui Kalimantan Timur telah menjadi trending topik nasional dalam perencanaan pemindahan IKN ke Kalimantan yang bakal diumumkan oleh Presiden RI pada Agustus ini 

“Kami optimistis karena Kalimantan Timur sangat tepat karena didukung infrastruktur yang memadai,” kata AGM, Selasa kemarim (20/8/2019).

Infrastruktur yang dimaksud yakni Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan dan Pelabuhan Internasional Semayang serta Pelabuhan Peti Kemas di Kota Balikpapan. Termasuk proyek jalan tol Balikpapan - Samarinda yang masih tahap pengerjaan.

“Lahan di Kaltim juga cukup luas dan bebas dari potensi gempa karena tidak masuk dalam cincin api,” lanjutnya.

Adik kandung Wakil Wali Kota Balikpapan ini juga tak mau berspekulasi mengenai lokasi yang akan diputuskan oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai IKN pengganti Jakarta. Walau ia tetap yakin Kaltim bakal terpilih.

“Karena kajian-kajian yang didalami oleh Bappenas dan bahkan BIN, bahwa yang paling cocok itu di Kaltim dan khususnya di Penajam Paser Utara,” sebutnya.

Bahkan ia mengaku siap memberikan lahan jika Presiden RI menunjuk Penajam Paser Utara sebagai IKN. “Hari ini diputuskan, besok kami siapkan lahannya,” ucap AGM.

Ada empat kecamatan di kabupaten tetangga Kota Balikpapan, diantaranya Kecamatan Penajam, Waru, Babulu dan Kecamatan Sepaku. Maka, AGM siap menawarkan lokasi yang ada di kecamatan tersebut.

“Kabupaten kami itu lahannya luas dan datar. Bahkan lahannya bisa gratis. Tinggal hasil perhitungan profesional yang dilakukan Bappenas dan kita siap ikuti,” ujarnya.

Penajam Paser Utara memiliki luas wilayah 3.333 kilometer persegi dan jika dibutuhkan 4.000 hektare untuk IKN, AGM mengaku lahannya tersedia dan siap dikelola.

“Penduduk kami belum terlalu padat dan kalau datang ke Penajam Paser Utara, lihat saja lahan di sana, semua hamparan,” pungkas AGM tanpa mau menyebut lokasi ideal karena khawatir dengan permainan makelar tanah. (*)


Penulis : */Hendra

Lirik IKN, Bupati AGM Tawarkan 4 Kecamatan

Rabu, 21/08/2019

Abdul Gafur Mas’ud

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.