Rabu, 03/04/2024

Ketum KONI Tinjau Venue PON Aceh-Sumut, Stadion Utama Ditarget Rampung Juli 2024

Rabu, 03/04/2024

Ketua KONI Pusat dan jajaran bersama PB PON Wilayah Sumut saat meninjau venue.(Istimewa)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Ketum KONI Tinjau Venue PON Aceh-Sumut, Stadion Utama Ditarget Rampung Juli 2024

Rabu, 03/04/2024

logo

Ketua KONI Pusat dan jajaran bersama PB PON Wilayah Sumut saat meninjau venue.(Istimewa)

Penulis: Ainur Rofiah

KORANKALTIM.COM, SUMUT – Ketua Umum (Ketum) KONI Pusat, Marciano Norman dan jajarannya telah meninjau beberapa venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Sumatera Utara (Sumut) pada Selasa (2/4/2024) lalu setelah sebelumnya pada 26-27 Maret 2024, rombongan juga meninjau venue di wilayah Aceh. 

Didampingi Ketua Harian Panitia Besar (PB) PON XXI wilayah Sumut, Afifi Lubis dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut, Baharuddin Siagian beserta jajarannya, rombongan mengawali tinjauan ke Sumut Sport Center di Desa Sena, Kabupaten Deli Serdang dan diakhiri di Gedung Bowling Disporasu. “Venue yang kami lihat tadi progresnya 90 persen,” terang Marciano.

Pertama ditinjau adalah Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center. Secara keseluruhan venue sudah dalam kondisi baik dan kualitas pembangunannya bagus. Termasuk Martial Arts Arena di mana venue megah tersebut akan dapat digunakan untuk berbagai keperluan beberapa cabang olahraga. 

Terakhir di Sumut Sport Center, rombongan melihat Stadion Utama Sumatera Utara yang akan dijadwalkan menjadi lokasi Wapres RI, Ma’ruf Amin menutup PON XXI Aceh-Sumut pada 20 September 2024. 

Stadion kebanggaan Sumut itu merupakan dukungan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kapasitasnya mampu menampung 25.750 penonton dengan Royal Lounge untuk VVIP dan sudah menggunakan teknologi ramah lingkungan, yakni solar panel. 

Teknologi hijau itu mampu memberikan dampak efisiensi listrik 7 persen per tahun.  “Stadion Utama yang dibangun oleh PUPR memang tahapannya hari ini baru 26 persen, tetapi ada kemajuan 7 persen sehingga capaiannya 33 persen,” terangnya.

“Perkiraan Stadion Utama itu akan selesai nanti pada bulan Agustus, tetapi diharapkan akhir Juli sudah selesai sehingga bisa dipakai untuk persiapan-persiapan lainnya,” sambungnya merujuk pada test event. 

Pada Juli 2024, tepatnya pertengahan bulan merupakan target yang juga ditetapkan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Prof Muhadjir Effendy, kala meninjau Aceh pada 27 Maret 2024.

Usai melihat stadion utama, rombongan menuju Gedung Bowling Disporasu. Percobaan memainkan bowling pun dilakukan rombongan dan terbukti venue sudah siap.  “Saya optimis Sumut bisa menepati waktu untuk penyelesaian venue-venuenya,” tambahnya.  “Sekarang KONI Pusat dengan  PB PON XXI wilayah Sumut, kita melaksanakan rapat koordinasi tentang teknis penyelenggraan PON XXI/2024,” jelasnya.

Atas seluruh kerja keras yang dilakukan, Ketum KONI Pusat berterima kasih, mengapresiasi dan memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Ketua PB PON XXI wilayah Sumut yang mana juga Pj Gubernur Sumut Hassanudin dan jajarannya serta masyarakat Sumut.

Diketahui, Sumut akan mempertandingkan 34 cabang olahraga yang melibatkan 5.817 atlet, 2.910 ofisial, 4.763 panitia pelaksana. Pertandingan digelar antara lain di Kota Binjai, Kota Medan, Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Pematang Siantar, Kabupaten Toba, Kabupaten Simalungun, dan Kabupaten Karo.


Editor: Maruly Z

Ketum KONI Tinjau Venue PON Aceh-Sumut, Stadion Utama Ditarget Rampung Juli 2024

Rabu, 03/04/2024

Ketua KONI Pusat dan jajaran bersama PB PON Wilayah Sumut saat meninjau venue.(Istimewa)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.