Selasa, 12/03/2024

Pilkada PPU Bakal jadi Persaingan Dua Mantan Bupati

Selasa, 12/03/2024

Ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pilkada PPU Bakal jadi Persaingan Dua Mantan Bupati

Selasa, 12/03/2024

logo

Ilustrasi

KORANKALTIM.COM, PENAJAM – Tanggal 27 November 2024 mendatang, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bakal menggelar hajatan besar, pemilihan kepala daerah (Pilkada). Sejumlah tokoh pun telah memastikan diri bakal untuk maju di pemilihan bupati dan wakil bupati nantinya.

Mantan Wakil Bupati sekaligus Bupati PPU sisa masa jabatan 2019 -2023 Hamdam Pongrewa menegaskan dirinya masih memiliki kesempatan untuk kembali mencalonkan diri pada kontestasi politik lima tahunan tersebut.

Hamdam mengaku telah melakukan persiapan agar apa yang diinginkannya berjalan sesuai dengan yang diinginkan. “Karena masih ada kesempatan untuk kembali sebagai kepala daerah tentu saya mempersiapkan diri dengan baik,” ujar Hamdam.

Saat ini pria berusia 58 tahun itu juga mengaku intens menjalin komunikasi ke masing-masing partai politik (parpol) dalam menyatukan persepsi agar dapat mengusung dirinya menjadi bakal calon bupati.

“Memang sekarang ini langka kita membangun komunikasi ke semua partai, lintas partai. Karena kita tidak tahu nantinya partai mana yang ada kesepahaman. Jadi harus membangun visi biar sejalan,” ujar Hamdam lagi.

Meski demikian, dari sekian banyaknya partai  terdapat tiga partai yang dinilai intens menjajaki komunikasi agar mendapatkan dukungan di Pilkada 2024. “Yang intens ada sekitar tiga,” tegasnya.

Hamdam pun mengaku opsi jalur independen atau perseorangan di Pilkada 2024 juga masih terbuka lebar untuk digunakan melaju di pencalonan kepala daerah.  

“Kalau pun itu tidak ada titik temu opsi jalur independen pun masih sangat terbuka untuk itu. Itu kalau partai tidak ada titik temu, kan harus ada titik temunya,” bebernya.

Kepastian untuk maju di Pilkada 2024 juga datang dari mantan Bupati PPU periode 2008-2013 Andi Harahap. “Siapa lagi kalau bukan Golkar dan saya sudah mendapatkan rekomendasi dari DPP. Calon tunggal untuk PPU itu saya, Andi Harahap,” kata Andi. 

Menurutnya, DPP Golkar telah mengeluarkan surat Nomor: Sprin-948/DPP/Golkar/XI/2023 yang ditandatangani Ketua Umum Airlangga Hartarto dan Sekretaris Jenderal Lodewik F Paulus pada 20 November 2023.

Dalam surat memberikan rekomendasi sebagai calon tunggal pada Pilkada 2024 di PPU kepada dirinya. “Surat itu saya ditunjuk oleh DPP Golkar sebagai calon tunggal dari PPU. Saya diberikan mandat,” tegas anggota DPRD Kalimantan Timur itu.

Andi Harahap pun sejauh ini terdapat kurang lebih lima tokoh yang berkeinginan untuk mendampingi dirinya di Pilkada 2024 nantinya.

Tiga tokoh lokal di antaranya Ketua DPD Partai Nasdem PPU Nanang Ali, Ketua DPC PDI Perjuangan Hartono Basuki dan Anggota DPRD Provinsi Kaltim Baharuddin Muin. Dua tokoh lainnya berasal dari Balikpapan dan Samarinda. “Yang melamar sudah ada tiga tokoh lokal, dua dari luar daerah,” ungkap Andi.

Dari sejumlah nama tersebut nantinya akan ditetapkan apabila telah turun ke masyarakat. Ia akan terlebih dahulu meminta tanggapan masyarakat atas nama-nama yang dinilai dapat mendampingi dirinya.

“Saya akan turun ke masyarakat, siapa yang mereka inginkan untuk mendampingi saya supaya tidak salah. “Nanti kita serahkan ke masyarakat mana yang terbaik, makanya akan sebelum pendaftaran akan jalan dulu ke masyarakat,” sebutnya.

Ketua DPC Partai Gerindra PPU, Raup Muin juga center menjadi perbincangan masyarakat di Pilkada 2024. Sosoknya dinilai cocok untuk maju di pemilihan kepala daerah mendatang, terlebih Gerindra PPU memperoleh peroleh suara terbanyak di Pemilu 2024 dan menduduki kursi ketua DPRD PPU.

Meski demikian, Raup Muin belum memberikan kepastian masih melihat perkembangan dan menunggu hasil finalisasi Pemilu 2024. “Kalau keputusan tunggu tanggal mainnya, Insya Allah habis lebaran ada tanda-tanda baik,” katanya.

Namun, dipastikannya Partai Gerindra akan bakal mengusung  kadernya di Pilkada 2024. “Kami bisa memastikan diri dari Gerindra Insya Allah akan mengusung kader, karena memang tanggung jawab kami di PPU cukup besar apalagi dengan adanya IKN,” kata Raup.


Editor: Aspian Nur

Pilkada PPU Bakal jadi Persaingan Dua Mantan Bupati

Selasa, 12/03/2024

Ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.