Sabtu, 06/04/2024

Ronda Rousey Cedera Saraf Bertahun-Tahun Saat Juara Kelas Bantam UFC

Sabtu, 06/04/2024

Ronda Rousey, pensiun dari UFC dengan cedera parah dikepala. (gettyimages)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Ronda Rousey Cedera Saraf Bertahun-Tahun Saat Juara Kelas Bantam UFC

Sabtu, 06/04/2024

logo

Ronda Rousey, pensiun dari UFC dengan cedera parah dikepala. (gettyimages)

KORANKALTIM.COM – Masih ingat dengan Ronda Rousey? Dialah wanita perkasa juara dunia  dan menjadi wanita pertama yang bergabung dengan Ultra Fight Championship (UFC)   tahun 2012, mempertahankan gelarnya sebanyak enam kali sebelum dikalahkan oleh Holly Holm pada tahun 2015.

Tak banyak yang tahu kalau dibalik sosoknya yang perkasa wanita 37 tahun itu ternyata menyembunyikan gegar otak dan cedera saraf selama bertahun-tahun selama perjalanannya sebagai juara kelas bantam UFC. Kekalahan dari Holly Holm membuatnya menilai sendiri karirnya demi kesehatan jangka panjangnya. "Sulit untuk melihat rekaman pertandingan itu," kata Rousey kepada BBC Sport Sabtu (6/4/2024) hari ini. "Karena saya benar-benar dapat melihat di mata saya saya menderita cedera neurologis selama beberapa dekade. Itu [membuat] saya kesal ketika orang-orang melihat itu dan berkata, 'ini adalah Ronda yang dikalahkan'. Itu adalah saya dengan otak yang tidak bekerja dengan baik," kata  pemeran Kara di film Fast and Furious 7 tahun 2015 ini.

Rousey yang berbicara setelah peluncuran buku barunya, Our Fight, mengungkapkan bagaimana gegar otak yang dideritanya selama satu dekade dalam karier judo dimana dirinya meraih medali perunggu Olimpiade untuk Amerika Serikat pada tahun 2008, mempengaruhi penampilannya di UFC.

Rousey berhenti dan menarik napas dalam-dalam saat ia menggambarkan kondisi kesehatannya saat menghadapi Holm, yang mengalahkannya melalui sebuah KO dengan tendangan ke arah kepala pada ronde kedua.

"Saya mengalami gegar otak menjelang laga tersebut - saya terjatuh dari tangga dan membuat diri saya KO dua minggu sebelumnya," kenangnya.

"Namun saya telah menyembunyikan gegar otak dan cedera neurologis untuk waktu yang cukup lama, sehingga hal itu menjadi bagian dari diri saya. Dan itulah titik di mana saya dipaksa untuk benar-benar menilai diri sendiri dan menjadi seperti, 'otak Anda telah menerima terlalu banyak kerusakan selama bertahun-tahun'," ujar Rousey lagi.

Rousey bertarung sekali lagi dalam kekalahan KO dari Amanda Nunes 13 bulan setelah kekalahan dari Holm, sebelum pensiun dan kemudian bergabung dengan WWE. Rousey sebelumnya mendominasi lawan-lawannya hingga kekalahan dari Holm.

Selama 14 pertandingan dalam kariernya, ia meraih sembilan kemenangan melalui kuncian armbar dengan 11 kemenangan di antaranya diraih pada ronde pertama karena ia dengan sengaja menekan lawan untuk membatasi kerusakan yang diterimanya.

"Saat saya memasuki MMA, saya tidak dapat menerima pukulan, maka saya harus mengembangkan gaya bertarung yang saya yakini adalah yang paling efisien yang pernah ada dengan tujuan utama untuk menghindari kerusakan," ucap Rousey.

"Itu memaksa saya untuk menjadi sangat cepat dan efisien dan mencoba menghentikan lawan dengan sangat cepat. Itu bukanlah sebuah kecelakaan atau keberuntungan, itu adalah sesuatu yang saya lakukan dengan sangat sengaja," jelasnya. 

"Sekarang, setelah lepas dari hal itu, saya bisa bangga dengan diri saya sendiri dan merasa tidak ada seorang pun yang bisa mendekati saya sampai pada titik di mana bahkan disentuh saja sudah membuat saya pingsan. Walau rasanya semua orang akan selalu mendefinisikan saya melalui kegagalan saya, saya tahu saya menciptakan gaya bertarung yang paling efisien yang pernah ada dan saya bangga akan hal itu," kata Rousey lagi.

Para atlet di berbagai cabang olahraga kini lebih sadar akan risiko gegar otak dibandingkan sebelumnya. Ensefalopati traumatik kronis (CTE) adalah kondisi otak yang terkait dengan pukulan berulang di kepala dan gegar otak. Kondisi ini, yang berangsur-angsur memburuk dari waktu ke waktu dan menyebabkan demensia, hanya dapat didiagnosis dengan pemeriksaan post-mortem.

Hanya 45 kasus CTE yang dikonfirmasi di seluruh dunia pada tahun 2007, dan sekarang lebih dari 10.000 orang telah mengambil bagian dalam penelitian.

Awal pekan ini, pemain bertahan Manchester United, Raphael Varane, juga menyerukan perlindungan yang lebih besar dan kesadaran yang lebih baik seputar gegar otak.

Rousey merahasiakan tingkat keparahan cederanya dan memilih untuk membuka diri tentang hal itu sekarang, karena takut UFC dan kemudian WWE akan melarangnya bertanding demi keselamatannya.

Sebelum memulai debutnya di WWE pada tahun 2018, Rousey menggambarkan kelegaannya, merinci bagaimana ia menangis saat dokter mengatakan kepadanya bahwa ia memiliki "otak yang masih bersih" setelah menjalani pemindaian MRI.


Editor: Aspian Nur

Ronda Rousey Cedera Saraf Bertahun-Tahun Saat Juara Kelas Bantam UFC

Sabtu, 06/04/2024

Ronda Rousey, pensiun dari UFC dengan cedera parah dikepala. (gettyimages)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.