Senin, 06/05/2024

Juara Grand Prix F1 di Miami, Lando Norris: Sudah Waktunya Ya

Senin, 06/05/2024

Lando Norris diangkat kru McLaren setelah memastikan jadi juara pada balapan Formula One di Miami. (reuters)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Juara Grand Prix F1 di Miami, Lando Norris: Sudah Waktunya Ya

Senin, 06/05/2024

logo

Lando Norris diangkat kru McLaren setelah memastikan jadi juara pada balapan Formula One di Miami. (reuters)

KORANKALTIM.COM - Kemenangan perdana sekaligus torehan sejarah dicetak Lando Norris, pebalap Formula One (F1) dari McLaren usai mengalahkan Max Verstappen dari Red Bull dengan bantuan safety car pada balapan F1 di Grand Prix Miami, Amerika Serikat Senin (6/5/2024) dini hari tadi.

Start dari posisi kelima , Norris melesat ke posisi terdepan karena mampu melakukan pit stop ketika safety car diturunkan sekitar setengah jarak sementara pembalap lain sudah berhenti.

Verstappen tidak dapat mengimbangi Norris ketika balapan dimulai kembali dengan 27 lap tersisa dan pembalap Inggris itu melesat ke depan sementara sang juara dunia harus puas berada di urutan kedua di depan Charles Leclerc dari Ferrari.

“Sudah waktunya, ya?” ujar Norris setelah kemenangan di Grand Prix ke-110-nya itu. “Balapan yang luar biasa, sudah lama sekali tapi akhirnya saya bisa melakukannya. Saya sangat senang untuk seluruh tim saya, akhirnya saya bisa memberikan yang terbaik untuk mereka. Hari yang panjang, balapan yang sulit, tetapi akhirnya saya berada di puncak, jadi saya sangat senang,” ujar pemuda 24 tahun itu.

“Sepanjang akhir pekan berjalan dengan baik. Saya mengalami beberapa kemunduran di sepanjang jalan. Saya tahu pada hari Jumat kami memiliki kecepatan dan hanya beberapa kesalahan di sana-sini, tetapi hari ini kami berhasil menyatukannya, kami menerapkan strategi yang sempurna, semuanya terbayar,” sebutnya.

Selain sedikit keberuntungan dan pengaturan waktu, kemenangan Norris juga didasari oleh kecepatan yang sesungguhnya, menjadi mobil tercepat di lintasan setelah ia melepaskan diri dari pembalap Red Bull asal Meksiko yang sedang berjuang, Sergio Perez, saat melakukan pit stop untuk mengganti ban di lap ke-17.


Sejak saat itu hingga safety car karena tabrakan antara Logan Sargeant dari Williams dan pembalap Haas Kevin Magnussen di Tikungan Tiga, Norris meningkatkan kecepatannya dan membangun fondasi untuk kemenangannya.

Fakta ini bukanlah perjalanan menuju kemenangan yang biasa bagi Verstappen terlihat jelas ketika ia melewatkan chicane di lap ke-21 dan menggeser tonggak pembatas. Red Bull mengatakan setelah balapan hal tersebut telah merusak lantai mobilnya dan merugikan performanya.

Mobil pengaman virtual harus dikerahkan selama setengah putaran untuk membersihkan puing-puing dari lintasan. Verstappen kembali bergabung setelah dua lap, dan bergabung kembali 10 detik di belakang Norris.

Namun, meski memiliki ban yang lebih segar, Verstappen tidak berhasil mengejar Norris - bahkan McLaren mulai menjauh. Dan ketika safety car diturunkan, Norris memiliki keuntungan yang cukup untuk masuk pit dan keluar sebagai yang terdepan.

Ada sedikit kebingungan ketika safety car menjemput Verstappen dan bukannya Norris dan lapangan harus dibiarkan melewatinya untuk terus melaju dan mengejar di belakang Norris, tetapi hal itu menjadi pertarungan langsung antara McLaren dan Red Bull.

Biasanya, Verstappen diperkirakan akan melewati Norris, dan pembalap Inggris itu menyulitkan dirinya sendiri dengan melakukan restart dengan gugup yang memberi Verstappen kesempatan untuk berpikir untuk menyalip di tikungan pertama.

Bagi Verstappen, ini ada kali kedua ia gagal memenangkan balapan musim ini. Dari enam seri berjalan, Verstappen hanya gagal jadi juara di Australia dan Miami. Sedangkan pada empat seri lainnya yaitu di Bahrain, Arab Saudi, Jepang dan China Verstappen selalu keluar sebagai peenang.


Editor: Aspian Nur

Juara Grand Prix F1 di Miami, Lando Norris: Sudah Waktunya Ya

Senin, 06/05/2024

Lando Norris diangkat kru McLaren setelah memastikan jadi juara pada balapan Formula One di Miami. (reuters)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.