“Yudisium Itu Ijab Kabul, Wisuda Resepsinya”


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     4 months ago     1.120 kali
img Rangkaian prosesi Yudisium FKIP Unikarta

TENGGARONG-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) menggelar yudisium periode I, Kamis (15/6). Sebanyak 107 mahasiswa FKIP mengikuti prosesi yang berlangsung di ruang ekonomi lantai II Kampus Ungu ini. “Ada 107 Mahasiswa yang kami Yudisium hari ini, itu terdiri dari 58 orang dari Program Studi Teknologi Pendidikan dan 49 orang dari Program Studi Bahasa Inggris,” kata Wakil Dekan I Wiwik Angranti, kepada Koran Kaltim, kemarin.

Dekan FKIP Unikarta Suid Saidi mengatakan, berbahagialah mahasiswa yang mengikuti prosesi Yudisium ini, menurutnya sah tidaknya lulusnya mahasiswa belajar di Kampus selama bertahun-tahun ialah dengan rampungnya studi dan mengikuti prosesi yudisium. “Saya ucapkan terima kasih karena pada momen berbahagia ini turut hadir para pioneer FKIP yakni dekan terdahulu dan guru-guru kami. Berbahagialah kalian adik-adik mahasiswa di ruangan ini karena yang ikut yudisium ini ibarat menikah sudah sah dan saat wisuda nanti itu ibarat acara resepsinya,” selorohnya.

Suid mengungkapkan dengan sudah dilakukannya Yudisium, maka mahasiswa yang bersangkutan sudah bebas dari beban akademik dan beban administrasi kampus. Meski sudah bebas tapi tetap harus ada ikatan emosional bersama FKIP. “Kami berharap para mahasiswa yang jadi alumni hari ini mampu berperan aktif berpartisipasi, karena maju dan mundur dan berkembangnya universitas ialah peran alumni yang sangat diperlukan. Contoh peran strategis, sumbangsih, banyak hal salah satu contohnya ialah dengan memberikan info mempromosikan kepada khalayak ramai tentang Unikarta,” ungkapnya.

Suid memaparkan, Rektor Dr Sabran beberapa tahun lalu telah mencanangkan enterpreunership university. Diharapkan, seluruh mahasiswa bisa mengembangkan kewirausahaan. Modal utamanya ialah dengan menanamkan kepercayaan diri.

“Mata kuliah kewirausahaan itu bukan hanya pelengkap SKS perkuliahan saja, tapi besar harapannya agar mahasiswa bisa terampil, baik soft skill maupun skill yang lain. Dan jadilah nanti bukan sekedar tenaga pendidik tetapi menjadi ahli pendidikan dan ikon pendidikan di tengah-tengah masyarakat,” paparnya.

Rektor Unikarta Dr. Sabran berharap semua ilmu yang diberikan di Kampus bisa dilaksanakan semaksimal mungkin, berguna diri sendiri dan manfaat bagi orang lain. Jajaran Rektorat secara kelembagaan memberikan apresiasi kepada seluruh pejabat struktural di jajaran FKIP. “Kematangan hari ini adalah berproses, ilmu yang didapat hari ini harus disampaikan ke orang lain dan ingatlah bagi orang yang berilmu dipastikan derajatnya akan ditinggikan oleh Allah SWT,” tegas Sabran. (adv/hei)




loading...

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
20 hours ago | dibaca 304 kali
img
korankaltim
korankaltim
20 hours ago | dibaca 314 kali
img