Senin, 11/09/2017

Ramai-ramai Bantu Kembangkan Manggar

Senin, 11/09/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Ramai-ramai Bantu Kembangkan Manggar

Senin, 11/09/2017

BALIKPAPAN – Defisit APBD kota yang masih terjadi pada perubahan 2017 ini, membuat Pemkot minim mengalokasikan dana pengembangan pariwisata.

Bahkan obyek pantai Manggar yang selama ini jadi andalan Dinas Pemuda Olaraga dan Pariwisata, tidak mendapatkan alokasi dana pada APBD Perubahan.

“Tidak ada alokasi ya. Kan kita lagi defisit. Yang penting kita bisa kerjasama untuk kembangkan Pantai Manggar. Ini kan memang suatu terobosan juga,” kata Kadisporapar Balikpapan Oemy Facesly, kemarin.

Diakui upaya maksimal yang ada, adalah dengan mengandalkan peran serta swasta atau perusahaan, dalam pengembangan obyek wisata Manggar. “Ya Manggar saja yang kita kelola. kalau KBR itu kan dikelola DLH,” ujarnya.

Menurutnya peran CSR perusahaan sangat membantu sekali dalam pengembangan, dan penambahan fasilitas di Pantai Manggar.

“Salah satunya, Telkomsel ya ikut berpartisipasi. Membangun arena untuk anak-anak muda, luasannya sekitar 500 m2 untuk menjadi arena bermain skate board dan BMX,” sebutnya.

Lanjutnya pembangunan lokasi bermain yang disebut Loop Arena itu, diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke Pantai Manggar. Mengingat, jika nanti selesai, setiap pekannya akan diadakan kegiatan, guna menarik kedatangan warga dan kaum muda ke pantai Manggar.

“Jadi seluruh biaya oleh Telkomsel. Mereka yang bangun, kita menyediakan lahannya. Harapan 28 Oktober sudah selesai diresmikan. Nanti awal November, perkemahan putri sudah bisa digunakan,” katanya.

Perusahaan lain yang ikut serta dalam pengembang pariwisata Manggar yakni Pertamina, PT Angkasa Pura, Agung Podomoro, Balikpapan Ocean Square (BOS), dan Teh Botol Sosro.

“Nanti dari Pertamina mau bangun taman dan gazebo. Lalu Insyaallah, dari Agung Podomoro tulisan besar Pantai Manggar. Dari BOS akan ada kapal seperti pinisi di pantai Manggar. Kemudian Teh Sosro akan bangun permainan anak-anak,” bebernya.

Sementara dari AP Sepinggan akan membangun gazebo dan taman. “Saya tidak pernah minta uang tapi minta bangunan yang langsung jadi,” ujarnya.

Sedangkan Teh Pucuk membantu membangun plang masuk pantai Manggar, dan membantu minuman setiap ada hari libur panjang di Pantai Manggar.

 Bantuan perusahaan ini menurutnya benar-benar membantu Pemkot, dalam pengembangan wisata pantai. Selain itu ada rencana di 2018 mendatang, akan membangun jalan di sekitar pantai Manggar.(din)

Ramai-ramai Bantu Kembangkan Manggar

Senin, 11/09/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.