Kamis, 28/12/2017

Pergantian Kabais Diduga Terkait Suksesi

Kamis, 28/12/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pergantian Kabais Diduga Terkait Suksesi

Kamis, 28/12/2017

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali merotasi sejumlah perwira TNI yang sebelumnya diputuskan oleh Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebelum lengser. Salah satunya Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI yang sebelumnya dijabat oleh Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, kini diganti oleh Marsda Kisenda Wiranata Kusuma. Ilyas kini menjabat sebagai staf khusus Kasad.

Wakil Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Arief Puyono menilai, pergantian ini adalah strategi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pilpres 2019. Karena terlihat jelas pergantian mendadak ini terkesan dipaksakan. 

“Ini ada semacam subjektifas. Sebab dia baru bekerja selama 3 bulan. Tidak ada kesalahan fatal. Saya menduga ada hubungannya dengan pemilu 2019. Dimana menempatkan Kabais yang nantinya bisa menjalankan perintah Jokowi untuk pemenangan,” kata Arief, Kamis (28/12).

Memang pergantian ini kata Arief, adalah haknya Panglima TNI, meski baru menjabat seminggu diganti itu haknya Panglima. Tapi ini terlihat sekali Panglima ini menjalankan misi Jokowi. 

“Saya tidak yakin TNI tidak berpihak, karena dia pasti netral dengan sumpah sapta marganya,” jelasnya.

Arief meminta seluruh prajurit tetap tenang. Dirinya yakin, prajurit TNI netral meski Panglima TNI berpihak ke Jokowi. “Jokowi terlihat ketakutan karena surveinya terus melorot. Saya juga takut Kabais ini akan melakukan operasi senyap,” tutupnya. 

Diketahui jabatan Kabais baru saja dipindahkan dari Mayjen Ilyas Alamsyah, perwira tinggi TNI AD, kepada Marsda Kisenda Wiranata Kusuma, yang merupakan perwira tinggi TNI AU. Keputusan tersebut dikeluarkan pada Selasa (19/12/2017) dengan Nomor Kep/1042/XII/2017.

Panglima Hadi tak banyak bicara soal pilihannya itu. Ini kedua kalinya perwira TNI AU menjabat sebagai Kepala Bais. Posisi Kepala Bais pernah disandang oleh perwira tinggi dari tiga matra TNI. Namun selama ini posisi tersebut kebanyakan diisi oleh jenderal angkatan darat.

“Penjelasan saya sudah tahu, kan? Profesionalitas dan manned system di jabatan TNI,” ujar Marsekal Hadi saat ditanya soal dipilihnya pati TNI AU untuk posisi Kepala Bais. (sdn)


Pergantian Kabais Diduga Terkait Suksesi

Kamis, 28/12/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.