Minggu, 09/07/2017

Pusat Kota Muara Ancalong akan Dipindah

Minggu, 09/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pusat Kota Muara Ancalong akan Dipindah

Minggu, 09/07/2017

SANGATTA – Perencanaan Bupati Kutim Ismunandar akan memindah pusat kota Kecamatan Muara Ancalong ke lokasi baru akan segera di kaji. Pasalnya, lokasi sebelumnya dinilai sangat membahayakan keselamatan warga kerana masuk dalam daerah rawan bencana. Mulai dari banjir hingga tanah longsor.

“Mungkin bisa mencari daerah baru yang tidak rawan banjir. Apalagi kondisinya sekarang, abrasi sungai di wilayah itu cukup parah. Minimal, Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) bisa buat kajian dulu,” kata Ismu.

Menurutnya, dalam kajian pengembangan wilayah yang dilakukannya sejak menjabat sebagai staf di Pemprov Kaltim, daerah Kelinjau merupakan daerah yang masuk dalam kawasan Mahakam Tengah. Artinya, sejak tahun 1990 daerah tersebut selalu rawan banjir.

“Ini (Pemindahan Kawasan Pemukiman, Red.) rencana jangka panjangnya. Minimal kajiannya dulu. Mengenai polanya bagaimana, menyesuaikan saja. Karena memindahkan orang itu tidak mudah. Tapi kalau ada yang berminat bisa saja,” jelasnya.

Ismu mengatakan, pengembangan wilayah baru untuk wilayah Kelinjau sebagai pusat Kota Muara Ancalong memang perlu dipikirkan. Karena jika arus transportasi masyarakat lancar, tentu akan meningkatkan perkembangan prekonomian masyarakat. “Makanya Bappeda perlu survey dulu. Daerah mana yang nantinya cocok,” sebut Ismu.

Sementara itu, Camat Muara Ancalong Helmi pun membenarkan jika merupakan daerah rawan bencana. Sebab, jika kawasan di hulu sungai curah hujan tinggi, maka kawasannya selalu saja terendam.

“Jadi selama ini Muara Ancalong itu ketimpa air dari Muara Wahau dan Muara Bengkal. Jadi wilayah kami (Muara Ancalong, Red.) ibarat daerah penampungan terakhir. Makanya untuk perbaikan jalan kami agak kesulitan,” pungkasnya. (yul1116)


Pusat Kota Muara Ancalong akan Dipindah

Minggu, 09/07/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.