Rabu, 02/08/2017

Tarif Listrik Tak Naik hingga Akhir Tahun

Rabu, 02/08/2017

ILUSTRASI

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Tarif Listrik Tak Naik hingga Akhir Tahun

Rabu, 02/08/2017

logo

ILUSTRASI

JAKARTA - PT PLN (Persero) telah sepakat untuk tidak akan menaikan ataupun menurunkan tarif listrik hingga akhir tahun sesuai dengan arahan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Sehingga PLN pun sudah menyiapkan strategi ataupun langkah-langkah untuk tetap menjaga agar harga listrik saat ini tetap stabil. 

“Pertama bahwa kita sepakat tarif listrik hingga akhir tahun tidak naik dan tidak turun. Tapi, kalau misalnya langkah-langkah untuk menurunkan tarif listrik itu ada berbagai hal yang dilakukan,” ungkap Kepala Satuan Komunikasi Korporat I Made Suprateka di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Rabu (2/8).

Menurutnya, langkah pertama yang akan dilakukan oleh PLN adalah efisiensi dari sisi dalam. Caranya dengan mengurangi mengurangi potensi-potensi biaya yang muncul serta melakukan kombinasi energi bauran yang lebih baik. 

“Energi bauran yang baik, artinya kan kita punya kapasitas maksimum sekarang daya mampunya itu sudah 53 ribu megawatt (mw) sementara beban puncaknya sekitar 35 ribuan. Nah, ini kan tentunya ada yang bisa diaktifkan dan ada yang bisa dimatiin. Artinya yang digunakan untuk menghidupi beban puncak yang ada di seluruh Indonesia ini, kalau bisa diupayakan dengan pembangkit dengan efisiensi yang tinggi,” jelasnya.  

Selain itu, ia juga menjelaskan contohnya nanti akan mengurangi penggunaan diesel-diesel yang ada di daerah Jawa. Sehingga nantinya cukup menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) atau Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). “Karena kan harga solar lebih mahal. Solar itu cukup untuk melistriki daerah-daerah terdepan, isolated, begitu,” jelasnya. 

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh PLN adalah melakukan peralihan pembangkit tenaga listrik yang ada di daerah-daerah. Seperti, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang ada di daerah-daerah diganti dengan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG). “Sekarang kan ada pembangunan jaringan transmisi di Sumatera. Ada 19 ribu KMS di Sumatera. Nah ini nanti akan melewati daerah-daerah yang sebelumnya secara lokal dilistriki melalui PLTD yang dulu dibangun. Nah begitu dengan adanya listrik dari transmisi itu PLTD itu dimatiin aja. Kan banyak yang kontrak, kontraknya distop,” tuturnya. 

Lanjut Made, sehingga nantinya Indonesia menggunakan pembangkit-pembangkit di daerah Sumatera Utara dan Sumatera Selatan, menggunakan PLTG saja. Sehingga daerah yang dilewati itu cukup membangun gardu induk, lalu membagi jaringan transmisi Tegangan Tinggi, Tegangan Menengah dan Tegangan Rendah. “Jadi daerah itu didistribusi dengan membangun jaringan,” tukasnya. (oz)


Tarif Listrik Tak Naik hingga Akhir Tahun

Rabu, 02/08/2017

ILUSTRASI

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.