Jumat, 04/08/2017

Berbicara Sendiri Bisa Menghilangkan Stres

Jumat, 04/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berbicara Sendiri Bisa Menghilangkan Stres

Jumat, 04/08/2017

logo

BERBICARA sendiri bukan berarti Anda gila. Malah, semakin sering Anda berbicara sendiri itu menandakan Anda sosok yang benar-benar cerdas. Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian baru di Scientific Reports yang melibatkan dua percobaan terpisah. 

Penelitian yang dilakukan oleh para periset dari Michigan State University dan University of Michigan memantau aktivitas otak 29 orang siswa. Para siswa diminta untuk melihat gambar yang netral dan yang mengganggu. Kemudian mereka diminta untuk membicarakan bagaimana perasaan mereka saat melihat gambar dengan sudut pandang orang pertama dan orang ketiga.  

Di lain percobaan, ada 50 orang peserta yang diminta untuk memikirkan pengalaman yang menyakitkan dengan cara yang sama. Setelah dilakukan analisis terhadap kedua percobaan itu, para peserta bisa mengatur emosinya dengan lebih baik untuk menghilangkan stres karena saat bercerita melalui sudut pandang orang ketiga, mereka berbicara sendiri.  

“Hal ini seperti mengubah mereka ke dalam mode yang berbeda saat mengalami emosi negatif saat bercerita menggunakan namanya sendiri dibandingkan dengan menggunakan kata aku atau saya,” ungkap salah seorang peneliti seperti yang dikutip dari Fox News, Kamis (3/8/2017). 

Ketika siswa terpikat dengan gambar yang mengganggu, aktivitas di daerah otak yang melibatkan emosi mengalami penurunan dalam waktu satu detik karena berbicara dari sudut pandang orang ketiga. 

Dari kedua percobaan itu hasilnya menunjukkan menempatkan posisi diri sendiri dalam sudut pandang orang ketiga memerlukan usaha lebih sedikit untuk membentuk regulasi emosi dibandingkan dengan saat dia menempatkan diri dari sudut pandang orang pertama. Dengan begitu, individu menjadi lebih berpikiran positif. 

“Saat mereka melihat situasi dari sudut pandang orang ketiga, mereka mendapatkan sedikit jarak psikologis. Hal itu sangat membantu ketika mereka berada dalam situasi yang merangsang stres,” kata seorang peneliti lain, Jason Moser. (okz)

Berbicara Sendiri Bisa Menghilangkan Stres

Jumat, 04/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.