Sabtu, 13/04/2024

Tiga Negara Eropa Ini Penduduknya Paling Bahagia di Dunia

Sabtu, 13/04/2024

Setiap empat tahun sekali, Festival Lagu Lituania mempertemukan warga Lituania untuk merayakan identitas nasional mereka yang membuat mereka hidup bahagia setiap tahunnya. (Michele Ursi/Getty Images)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Tiga Negara Eropa Ini Penduduknya Paling Bahagia di Dunia

Sabtu, 13/04/2024

logo

Setiap empat tahun sekali, Festival Lagu Lituania mempertemukan warga Lituania untuk merayakan identitas nasional mereka yang membuat mereka hidup bahagia setiap tahunnya. (Michele Ursi/Getty Images)

KORANKALTIM.COM - Tahukah anda negara yang penduduknya paling Bahagia di dunia terutama mereka yang berusia di bawah 30 tahun? Jawabannya adalah tiga negara ini, yaitu Republik Ceko, Lituania dan Rumania.

Ketiga negara di Eropa tersebut menduduki peringkat teratas dalam World Happiness Report atau Laporan Kebahagiaan Dunia tahun 2024 dan mendapat skor sangat tinggi diantara negara lain di dunia.

Saat World Happiness Report tahunan dirilis pada bulan Maret 2024 tidak mengherankan jika negara-negara Skandinavia seperti Finlandia, Denmark, Islandia dan Swedia terus menduduki peringkat teratas. Namun dalam tren yang mengejutkan sejumlah negara baru mengalami kenaikan peringkat secara perlahan namun terus-menerus, menggeser negara sebelumnya.

Melansir dari bbc.com Sabtu (13/4/2024) hari ini, selama tiga tahun terakhir, negara-negara Eropa Tengah dan Timur telah melampaui negara-negara tetangganya di Eropa Barat dalam hal kebahagiaan secara keseluruhan, menurut survei tersebut. 

Untuk pertama kalinya, Republik Ceko dan Lituania berhasil menembus 20 besar tahun ini, masing-masing menempati peringkat ke-18 dan ke-19, sementara Slovenia mengejar di peringkat ke-21. (Sebagai perbandingan, Inggris berada di peringkat ke-20, Jerman di peringkat ke-24, dan Spanyol di peringkat ke-36. dan Italia di peringkat ke-41)

Yang paling menarik adalah di banyak negara-negara tersebut, peningkatan tersebut secara langsung disebabkan oleh meningkatnya kebahagiaan penduduk muda. Faktanya, Lituania berada di peringkat pertama dalam laporan Happiness of the Young atau Kebahagiaan Kaum Muda (yang diukur dari responden yang berusia di bawah 30 tahun), dengan Serbia di peringkat 3, Rumania di peringkat 8, Republik Ceko di peringkat 10 dan Slovenia di peringkat 15.

Penduduk dan wisatawan yang sering berkunjung ke wilayah tersebut tidak terkejut. “Ada lebih banyak pekerjaan layak di dalam negeri, jadi [sekarang] kaum muda tidak pindah ke tempat lain di Eropa untuk bekerja,” kata Tim Leffel, penulis The World’s Cheapest Destinations. 

“Pertama kali saya pergi ke Rumania dan Bulgaria satu dekade yang lalu, beberapa desa hanya dipenuhi oleh orang-orangtua. Sekarang disana lebih banyak campuran usia. Ketika lebih banyak orang muda bertahan, hal ini membuat semua orang merasa lebih berpengharapan terhadap masa depan," sebutnya.

Dengan PDB per kapita yang meningkat tajam sejak awal tahun 2000an, banyak penduduk Eropa Tengah dan Timur kini merasa memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai kebahagiaan – yang merupakan indikator penting kesejahteraan secara keseluruhan. Faktanya, laporan tersebut menemukan fakta kesenjangan kesejahteraan memiliki dampak yang lebih besar terhadap kebahagiaan secara keseluruhan dibandingkan kesenjangan pendapatan.

Selain pertumbuhan ekonomi, negara-negara ini juga berinvestasi dalam infrastruktur, mengembangkan budaya yang dinamis dan memanfaatkan keindahan alam mereka yang menakjubkan – mulai dari bukit pasir yang terbentuk di laut di Curonian Spit yang melintasi Lituania dan Rusia hingga Pegunungan Carpathian dengan keanekaragaman hayati di Rumania. Hasilnya adalah rasa optimisme dan kegembiraan yang nyata di kalangan penduduk setempat.

Lithuania berada di peringkat ke-19 dalam indeks secara keseluruhan dan peringkat teratas bagi penduduk di bawah usia 30 tahun, mengalami peningkatan kualitas hidup yang nyata selama beberapa dekade terakhir, lapor warga. “Kebanyakan orang di Lituania, terutama generasi muda, merasa sangat bahagia,” kata Jurga Rubinovaite, warga Lituania dan merupakan pendiri & CEO blog perjalanan Full Suitcase . 

Ia juga memuji kebijakan ibu dan ayah di negara ini, yang merupakan salah satu kebijakan terpanjang di dunia (hingga 126 hari berbayar untuk ibu dan 30 hari untuk ayah), dan jaringan keluarga besar yang membantu merawat anak-anak.

Sementara Rumania meskipun secara keseluruhan hanya berada di peringkat ke-32, Rumania merupakan satu diantara negara dengan lonjakan kebahagiaan terbesar di dunia selama satu dekade terakhir, melonjak dari peringkat 90 dalam Laporan Kebahagiaan Dunia pada tahun 2013 . Sekali lagi, lonjakan ini terutama didorong oleh kaum muda, yang menempatkan negara ini pada peringkat kedelapan untuk responden berusia di bawah 30 tahun. 

“Rumania memiliki keragaman budaya yang kaya – dari minoritas Saxon dan Szekler (dan Hongaria lainnya) hingga budaya Rumania dan Rumania,” kata Alexandra Nima, penduduk saat ini. “Transylvania, khususnya, patut dipertimbangkan jika Anda menyukai lingkungan pastoral yang terjangkau, tenang, dan penuh dengan pemandangan indah dan seni,” paparnya.

Sedangkan Republik Ceko berada di peringkat ke-18 dalam hal kebahagiaan secara keseluruhan dan peringkat ke-10 di antara responden berusia di bawah 30 tahun, mengalami kebangkitan komunitas dan budaya dalam beberapa tahun terakhir yang mendorong peningkatan tingkat kebahagiaan.

“Apartemen dan ruang tamu cenderung berukuran lebih kecil di sini, sehingga akses ke 'ruang ketiga' seperti taman, pub, dan kafe menjadi sangat penting,” kata Michael Rozenblit, pendiri situs perjalanan The World Was Here. Pertama , yang sudah dua tahun tinggal di ibu kota negara, Praha. “Setelah hari kerja selesai, Anda akan melihat keluarga, pasangan dan sekelompok teman berkumpul di ruang hijau kota seolah-olah itu adalah taman belakang bersama. Bahkan dalam cuaca dingin terdapat pub dan kafe ramah yang penting bagi budaya Ceko,” sebutnya. 


Editor: Aspian Nur

Tiga Negara Eropa Ini Penduduknya Paling Bahagia di Dunia

Sabtu, 13/04/2024

Setiap empat tahun sekali, Festival Lagu Lituania mempertemukan warga Lituania untuk merayakan identitas nasional mereka yang membuat mereka hidup bahagia setiap tahunnya. (Michele Ursi/Getty Images)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.