Selasa, 29/08/2017

Penumpang Pesawat di Kelas Bisnis Lebih Berisiko Terkena Penyakit

Selasa, 29/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Penumpang Pesawat di Kelas Bisnis Lebih Berisiko Terkena Penyakit

Selasa, 29/08/2017

Pada transportasi umum seperti pesawat terbang, tempat duduk biasanya akan terbagi menjadi beberapa golongan tapi yang utama adalah kelas bisnis dan ekonomi. Di kelas bisnis, kursi penumpang akan lebih nyaman karena tempatnya lebih luas. 

Tapi siapa sangka, duduk di kelas bisnis ternyata meningkatkan risiko infeksi penyakit. Hasil ini didapatkan setelah peneliti Arizona State University menganalisis kejadian bagaimana penyebaran penyakit di dalam pesawat yang terbagi pada zona tertentu. 

Dari hasil analisis, penumpang yang duduk di zona prioritas atau kelas bisnis meningkatkan kemungkinan terinfeksi penyakit. Sebab, kelas bisnis dilewati oleh banyak orang. Sebagai contoh, ketika penumpang dipersilahkan untuk naik ke pesawat, tentunya yang didahulukan adalah penumpang di kelas bisnis. Baru Saat penumpang di kelas ekonomi naik, mereka harus melewati tempat duduk penumpang kelas bisnis. 

Di saat itulah risiko tertular penyakit mengalami peningkatan. Penumpang ekonomi biasanya lebih banyak dibanding penumpang bisnis dan bisa saja ada beberapa penumpang ekonomi yang sedang sakit. 

Apabila seluruh penumpang yang sakit meninggalkan virus, maka virus akan lebih mudah menyebar sebab area kelas bisnis lebih kecil dan penumpangnya lebih sedikit. Belum lagi jika penumpang kelas bisnis ada yang sakit juga. 

Menurut hasil penelitian, risiko penularan penyakit meningkat hingga 27%. Penumpang yang duduk di pinggir dan bersebelahan dengan jalur berjalan mungkin risikonya akan lebih tinggi lagi. Hal itu dikarenakan besar kemungkinan mereka bersentuhan dengan penumpang lain yang lewat. 

Tim peneliti mengatakan tempat duduk yang cukup aman ada di tengah bagian pesawat. Bagian itu risiko penularan penyakitnya lebih kecil. Selain itu, penumpang juga bisa memilih kursi yang bukan di bagian pinggir. Lebih baik di tengah atau di sebelah jendela. Bahkan kalau bisa disinfektan terlebih dahulu area tempat duduk agar tidak tertular penyakit. (okz)

Penumpang Pesawat di Kelas Bisnis Lebih Berisiko Terkena Penyakit

Selasa, 29/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.