Kamis, 15/06/2017

Mahkota II Akhirnya Bisa Dilewati

Kamis, 15/06/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Mahkota II Akhirnya Bisa Dilewati

Kamis, 15/06/2017

logo

SAMARINDA - Perjuangan Walikota Samarinda Syaharie Jaang hingga harus terbang langsung ke Jakarta, akhirnya membuahkan hasilnya. Jembatan Mahakam Kota (Mahkota) II mendapat izin untuk bisa dilewati kendaraan ringan roda 2 dan roda 4 pribadi.

“Alhamdulillah, rekomendasi untuk soft launching bisa dilalui sudah keluar. Berdasarkan ini, jembatan dibuka sejak seminggu sebelum lebaran dan 2 minggu paska lebaran. Dari pukul 6 pagi hingga 6 sore,” ucap Jaang yang dihubungi masih berada di Direktorat Jembatan Kementerian PU Jakarta, Rabu (14/6) kemarin.

Menurut Jaang, izin uji coba ini didapat setelah dilaksanakannya persyaratan yang diminta oleh Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJT).

“Persyaratan yang diminta sudah kita laksanakan, seperti perbaikan permukaan lantai jembatan, pergantian expansion joint dari tipe asphaltic menjadi modular serta pergantian gap baja menjadi rubber,” terang Jaang yang didampingi Wakil Ketua DPRD Samarinda Akhmad Sukamto dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Samarinda Herro Mardanus.

Masih berdasarkan rekomendasi itu, lanjut Jaang selama uji coba dilalui itu tidak boleh sampai terjadi kemacetan atau kendaraan stop.

“Tidak boleh untuk jalan kaki, kendaraan stop di jembatan dan selfi di jembatan karena tempat yang membahayakan,” terang Jaang.

Makanya, kata Jaang akan dibuatkan SOP untuk uji coba tersebut, sehingga bisa sesuai harapan dari Dirjen Jembatan, karena hingga saat ini masih dalam evaluasi. 

“Selama uji coba akan diawasi Dishub dan Satpol PP,” tegas Jaang..

Dijelaskan Jaang, setelah alat sensor (elektro magnet) untuk memantau kondisi, mengukur getaran dan keselamatan jembatan, dan lampu penerangan selesai, maka sudah bisa dibuka secara untuk semua kendaraan.

“Di bulan suci Ramadhan yang penuh barokah, mari kita semua warga Samarinda mendoakan jembatan kita bisa dilalui, bisa memberikan manfaatnya sesuai peruntukkannya,” demikian Jaang. (ms/*)


Mahkota II Akhirnya Bisa Dilewati

Kamis, 15/06/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.