Jumat, 10/08/2018

Pilrek Unmul Ditunda

Jumat, 10/08/2018

Muhamad Ikhwan

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pilrek Unmul Ditunda

Jumat, 10/08/2018

logo

Muhamad Ikhwan

SAMARINDA - Panitia Pemilihan Rektor (Pilrek) Univeristas Mulawarman (Unmul) Samarinda menunda proses pemilihan yang sedianya dilangsungkan pada 13 Agustus mendatang. 

Pilrek Unmul kali ini memang cukup menyita perhatian publik, setelah adanya keributan yang diduga melibatkan salah satu bakal calon Rektor.

Namun demikian, Humas Unmul Muhamad Ikhwan menjelaskan, penundaan tersebut tidak ada hubungannya dengan kejadian yang sempat menghebohkan kampus pelat merah tersebut. “Jadi tanggal 13 ditunda, karena ada masih proses penelusuran rekam jejak tiga nama yang sudah diajukan ke Kementerian,” ujarnya kepada Koran Kaltim, kemarin.

Ia membeber, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) berkirim surat kepada pihak Unmul yang menyatakan bahwa proses penelusuran tiga nama calon, yakni Masjaya, Susilo, dan Laode Rijai masih belum selesai. Sehingga jadwal pemilihan yang sedianya akan digelar 13 Agustus di Samarinda, dengan menghadirkan perwakilan Menristek Dikti harus ditunda.

Ikhwan mengatakan, pihaknya belum bisa mengatakan kapan pemilihan akan kembali bisa dijadwalkan.  “Memang di Permen (Perarutan Menteri) itu bahwa selambat-lambatnya proses itu (pilrek) diselesaikan dalam dua pekan sebelum berakhirnya masa jabatan paling lambatnya. Nah, Pak Masjaya (rektor Unmul saat ini) itu selesainya 14 Oktober 2018,  kalau kita tarik 2 minggu jadi sekitar September lah paling lambat. jadi kami sekarang masih menunggu saja. Maksimal 30 september,” paparnya.

Ia menyebut, adanya penundaan tersebut tidak mengganggu dan merupakan hal yang wajar. “Kalau prosesnya itu sepenuhnya di Kementerian yang tahu. Jadi nanti kalau dari mereka (kementerian) sudah selesai, baru kami bisa tentukan tanggal dengan menyesuaikan kapan dari perwakilan menteri bisa datang,” ucapnya.

Sementara mengenai penelusuran rekam jejak tersebut, Ikhwan menyebut, bisa saja akan ditemukan hal-hal yang masuk dalam kategori kesalahan berat, yang menyebabkan gugurnya calon. “Namun selama ini di Unmul belum pernah terjadi. Tidak tahu kalau di tempat lain. Artinya berkas tiga nama yang kita kirim biasanya selalu clear,” pungkasnya. (rs)


Pilrek Unmul Ditunda

Jumat, 10/08/2018

Muhamad Ikhwan

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.