Selasa, 23/10/2018

Pengoperasian Maloy Mundur Lagi, Oktober 2019

Selasa, 23/10/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pengoperasian Maloy Mundur Lagi, Oktober 2019

Selasa, 23/10/2018

logo

SAMARINDA - Pengoperasian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy di Kabupaten Kutai Timur kembali meleset. Jika sebelumnya, proyek strategis nasional (PSN) tersebut digadang bakal beroperasi pada Oktober tahun ini, terbaru Maloy baru bisa beroperasi setahun lagi, pada Oktober 2019.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kaltim, Fuad Assadin membeber, KEK Maloy diberikan perpanjangan target penyelesaian pembangunan hingga Oktober tahun depan karena beberapa sebab.

“Kan ada peralihan kekuasaan, ada keterbatasan anggaran sehingga ada beberapa target yang meleset, tapi secara umum untuk pelepasan lahan, persiapan sudah keseluruhan sekitar 60 persen, tahun depan harus, Oktober tanggal 17, tahun 2019 harus operasi,” ujarnya ditemui di Kantor Gubernur Kaltim, kemarin.

Ia menyebut, kendala anggaran adalah yang tereberat. Proyek tersebut menyerap anggaran tidak sedikit. Meskipun saat ini, lanjut dia infrastruktur pendukung sudah lengkap. Listrik dan air bersih sudah tersedia. Jalan masuk dan di kawasan juga sudah ada, meskipun masih perlu perbaikan hingga penyempurnaan.

Untuk Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) yang disebut-sebut menjadi kendala terbesar penyelesaian KEK, Fuad membeber saat ini progresnya sudah 70 persen.

Sementara pelabuhan multi purpose, kata Fuad masih dalam pengerjaan. Diperkirakan tahun depan sudah bisa digunakan untuk bisa ekspor. Beberapa industri sudah masuk, kata Fuad. Dikoordinir oleh Perusda Melati Bhakti Satya (MBS). 

“Kami target boleh, tapi realisasi kan tergantung situasi juga. Mohon maaf. kendala berarti itu anggaran. karena kami untuk menyelesaikan dalam kawasan itu perlu triliunan. jalan penghubung disana perlu biaya besar,” akunya. (rs)

Pengoperasian Maloy Mundur Lagi, Oktober 2019

Selasa, 23/10/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.