Kamis, 08/11/2018

19 November Jembatan Kembar Tersambung

Kamis, 08/11/2018

Cover Koran Kaltim

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

19 November Jembatan Kembar Tersambung

Kamis, 08/11/2018

logo

Cover Koran Kaltim

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kaltim, Taufik Fauzi menyatakan optimis atas penyelesaian proyek pembangunan Jembatan Mahakam IV (Jembatan Kembar) akan rampung pada akhir 2018. Setidaknya, kata dia secara fisik hingga Desember beberapa pekerjaan inti sudah rampung.

Progres pengerjaan jembatan terus dipantau. Sesuai rencana pengerjaan fisik, Taufik meyatakan dalam waktu dekat jembatan sudah bisa tersambung.

“Targetnya, 19 November untuk yang atas selesai. Untuk bentang tengahnya yang atas, rangkaian yang di atas jadi akhir November mudah-mudahan sudah kelihatan itu mulai nyambung,” ujarnya ditemui di Kantor Gubernur Kaltim, kemarin

Taufik memastikan, tidak akan ada adendum terkait target penyelesaian proyek dengan panjang bentang jembatan 220 meter serta lebar 16,9 meter tersebut. Adendum adalah istilah dalam kontrak atau surat perjanjian yang berarti tambahan klausula atau pasal yang secara fisik terpisah dari perjanjian pokoknya namun secara hukum melekat pada perjanjian pokok itu. 

“Tidak ada adendum terkait batas akhir penyelesaian proyek, kami optimis selesai di akhir 2018,” tukasnya.

Sesuai jadwal pengerjaan, setelah 19 November rangkaian atas sudah tersambung, selanjutnya pengerjaan bentang bawahnya akan segera dilakukan pengecoran. “Yang di bawah untuk lantai (akan segera di cor), kemudian yang sisi Samarinda Seberang, tinggal pengecoran di jalan aksesnya. Insya Allah Kamis (hari ini) sudah di cor lagi yang di atas yang segmen Samarinda Seberang,” urainya.

Sementara untuk sisi Samarinda Kota, pekerjaan sedang menyelesaikan Girder di pear 11 ke 12. Setelah itu segera dilanjutkan ke pear 12 ke 13.

Untuk pengerjaan utama juga bisa segera dikerjakan. Ini menyusul, Hanging (tiang gantung jembatan) yang dipesan dari Thailand kata Taufik sudah mulai datang. Meski baru bagian yang kecilnya, karena didahulukan dengan diangkut menggunakan pesawat. “Itu yang (sudah datang) yang Hanger pendeknya, yang lain mulai tanggal 10 sampai 15 November sudah datang,” imbuhnya.

Setelah akhir November, lanjut Taufik dipastikan semua pekerjaan rangkaian fisik baik rangkaian atas dan bentang tengah jembatan sudah rampung. Maka pekerjaan selanjutnya adalah tahap finishing, sambil menunggu mendapatkan rekomendasi dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Kementerian PU. 

“Hasil Uji beban oleh KKJTJ setidaknya Bulan Januari baru terbit. Sampai akhir 2018, rangka semua nyambung sedikit pengaspalan kemudian yang belum itu kita tunggu rekomnendasi dari KKJTJ,” ungkapnya.

Ia sedikit menyinggung fungsi jembatan yang dibangun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim, 2012 - 2013 senilai Rp171 miliar. Lalu lanjutan pembangunan melalui multiyears contract APBD Kaltim 2015-2018 sebesar Rp 253 miliar.

Sejauh ini menurut Taufik pemanfaatan jembatan sudah rampung di bahas. Jembatan yang baru dibangung digunakan bagi pengendara dari arah Samarinda menuju Kota Balikpapan. Sedangkan, arah sebaliknya menggunakan jembatan yang sudah ada.

“Jadi masing-masing jembatan satu jalur. Kalau mau ke Balikpapan lewat fly over kalau kembali ke Samarinda pakai jembatan yang lama,” katanya. (rs)


19 November Jembatan Kembar Tersambung

Kamis, 08/11/2018

Cover Koran Kaltim

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.