Senin, 11/03/2019

Tol Balsam Bisa Dipakai Mudik Lebaran, Pengerjaan Sudah 85 Persen

Senin, 11/03/2019

Pengerjaan Rigid Pavement di Seksi IV, Simpang Pasir Palaran ( ist )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Tol Balsam Bisa Dipakai Mudik Lebaran, Pengerjaan Sudah 85 Persen

Senin, 11/03/2019

logo

Pengerjaan Rigid Pavement di Seksi IV, Simpang Pasir Palaran ( ist )

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Kabar baik bagi masyarakat Kalimantan Timur yang menantikan beroperasinya jalan tol Balikpapan-Samarinda. Kontraktor PT Wijaya Karya (WiKa) sebagai salah satu kontraktor dalam pengerjaan jalan tol  yang dibagi menjadi lima seksi di mana masing-masing seksi terdiri dari empat hingga lima segmen pekerjaan mengatakan mengatakan, Juni 2019 mendatang jalan tol tersebut sudah bisa dilewati. “(Rencananya) Juni nanti akan mulai operasi, sehingga lebaran bisa difungsikan untuk mudik masyarakat,” jelas Direktur Operasional PT Wijaya Karya (Wika), Agung Budi Waskito.

Proyek jalan tol sepanjang 99,06 kilometer tersebut tak ayal jadi kebanggaan.  Pasalnya, Kaltim bisa jadi satu dari sedikit daerah yang bisa membangun jalan tol dengan APBD.  Selain itu, beberapa kali Presiden Joko Widodo bertandang langsung guna mengecek kelancaran proyek.

Beredar kabar, Jokowi direncanakan akan kembali bertandang ke Kaltim untuk meresmikan jalan tol April bulan depan. Sayang, ketika dikonfirmasi,  Agung mengaku tidak tahu.  “Belum dapat informasi karena memang belum bisa dioperasikan sepenuhnya,” ucapnya. 

Namun sebagai kontraktor, PT Wika tetap mengebut pengerjaan sehingga pada pertengahan 2019 bisa segera beroperasi.  “Kami mengebut supaya pekerjaan ini tetap selesai,” paparnya. 

Untuk itu, Agung  meminta agar masyarakat bersabar. Ia pun menyampaikan tol yang tengah dikebut akan memberi banyak manfaat. “Masyarakat harus tahu bahwa tol ini benar-benar berguna untuk semua masyarakat,” tegasnya. 

Sementara itu, Project Manager Seksi 2 Jasa Marga Balikpapan Samarinda, Usodo Sahid mengutarakan hal serupa. Sahid membeber secara keseluruhan jalan tol pasti akan beroperasi Juli mendatang. Namun berangsur-angsur. Misalnya untuk seksi 1 dan 5 waktu beroperasinya tidak sama dengan seksi 2, 3, dan 4. Untuk seksi I dan V yang murni pengerjaan dari Waskita dipastikan beroperasi Mei mendatang. Adapun seksi 2, 3, dan 4 disusul Juni.

“Kami targetkan untuk seksi 2, 3, dan 4 mulai  Simpang Pasir, Palaran dan seterusnya  bisa fungsional bulan Juni,” katanya . Tapi  untuk keseluruhan seksi, baru  bisa dilintasi pada Juli mendatang. Full operasional di bulan Juli untuk semua seksi,” tukasnya.

Karena seksi 1 dan 5 termasuk yang paling dekat untuk waktu operasional, pihaknya pun merampungkan semua pekerjaan. Terlebih seksi 1 dan 5 merupakan subsidi penuh dari pemerintah. “Kalau disimulasikan progress keseluruhan proyek jalan tol sudah 85 persen. Tinggal menyelesaikan beberapa pekerjaan saja,” tegas Sahid. 

Akses masuk, ke jalur tol dibagi dalan beberapa  pintu masuk. Di antaranya seksi 5 pintu  masuk dimulai dari Jalan Mulawarman dan akan membayar di daerah Sepinggan, Balikpapan. Kemudian di kilometer 13 di kawasan Tahura saat ini sedang dikerjakan. Lokasinya berada di antara seksi 1 dan 5. Lalu di Simpang Samboja juga sedang berproses pembangunannya. “Ada dibatas antara seksi 1 dan 2,” tuturnya. Kemudian gerbang lainnya di Simpang Susun dan Simpang Pasir Samarinda.  “Itu untuk  keluar masuk,” katanya.  

Sementara soal tarif, ia mengatakan belum ada perubahan dari apa yang pernah disampaikan beberapa waktu lalu, yakni  Rp 1.000 per kilometer.   “Biasanya di awal gratis. Nanti kami sampaikan resminya kapan tarif itu diterapkan,” ungkapnya. (*)


Penulis: */Rusdianto

Editor: Aspian Nur

Tol Balsam Bisa Dipakai Mudik Lebaran, Pengerjaan Sudah 85 Persen

Senin, 11/03/2019

Pengerjaan Rigid Pavement di Seksi IV, Simpang Pasir Palaran ( ist )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.