Rabu, 13/06/2018

Disnakertrans Masih Butuhkan 540 Orang Pencaker

Rabu, 13/06/2018

Ilustrasi / kumparan

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Disnakertrans Masih Butuhkan 540 Orang Pencaker

Rabu, 13/06/2018

logo

Ilustrasi / kumparan

SENDAWAR – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutai Barat (Kubar) menyebut telah melakukan perekrutan pendaftaran kepada warga Kubar dalam rangka untuk penyiapan calon tenaga kerja di di bidang lingkungan K3 (Keamanan, Kesehatan, Keselamatan) untuk ditempatkan di proyek upgrading kilang minyak, Balikpapan. 

Namun meski nantinya para pendaftar itu tidak ditempatkan bekerja di kilang minyak, dari pengalaman mereka selama dilatih di Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda dan Balikpapan, akan bisa menjadi bekal untuk bekerja di perusahaan lainnya di Indonesia.

“Untuk gelombang pertama perdaftaran sejak 17 Mei hingga 5 Juni lalu. Setelah seleksi di Kubar para pencari kerja (pencaker) itu dikirim untuk dilatih di BLK Samarinda dan Balikpapan. Selanjutnya mendapat sertifikat sesuai keahliannya, dan akan ditempatkan di proyek upgrading kilang minyak, Balikpapan,” kata Kepala Disnakertrans Kubar, Mobilala kepada Koran Kaltim di ruang kerjanya, sehari lalu. 

Dia menegaskan, selanjutnya ada gelombang kedua untuk pendaftaran bagi para pencaker di Kubar untuk penyiapan calon tenaga kerja di bidang lingkungan K3 tersebut. Karena untuk gelombang pertama diperlukan sebanyak 420 orang.

“Kita tunggu tahap kedua, karena diperlukan lagi sebanyak 540 orang. Total yang diperlukan adalah sebanyak 960 pekerja. Dari jumlah tersebut  akan dilatih spesifikasi keahlian diantaranya sebagai safety man, safety inspector, serta forced rider,” bebernya. 

Mobilala menambahkan melihat kondisi itu, adalah peluang terbaik bagi pencaker Kubar yasng selama ini sedang mengejar loowngan kerja. Para pencaker tersebut setelah dilatih oleh BLK, akan direkrut oleh Pertamina Balikpapan. “Setelah dilatih oleh BLK para pencaker tersebut akan dimagangkan oleh Pertamina dengan seleksi kompetitif. Namun tidak semuanya kedepan akan menjadi karyawan permanen Pertamina. Tetapi dengan bekal pelatihan dari BLK, para pencaker tersebut bisa diandalkan untuk bekerja di perusahaan lainnya selain pertamina,” urainya. 

Mobilala membeberkan, rekrutmen untuk tenaga kerja dibidang lingkungan K3 tersebut, merupakan kerjasama Pemprov Kaltim dengan Pertamina, membuka pemagangan. Diberikan kesempatan kepada 10 kabupaten/kota se-Kaltim, termasuk Kubar. (imr) 

Disnakertrans Masih Butuhkan 540 Orang Pencaker

Rabu, 13/06/2018

Ilustrasi / kumparan

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.