Kamis, 31/08/2017

Dandim Perintahkan Babinsa Dampingi Petani

Kamis, 31/08/2017

Hendriawan Senjaya

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Dandim Perintahkan Babinsa Dampingi Petani

Kamis, 31/08/2017

logo

Hendriawan Senjaya

SENDAWAR – Komandan Kodim 0912Kutai Barat (Kubar), Letkol Inf Hendriawan Senjaya, memerintahkan kepada 13 Komandan Koramil se-Kubar dan Mahulu untuk menggiatkan Bintara Pembina Desa (Babhinsa), agar turun mendampingi petani dilapangan. Hal itu agar suksesnya  program swasembada pangan yang dicanangkan pusat, utama untuk ketahanan pangan masyarakat Kubar dan Mahulu.

Saat ini sudah mulai memasuki masa tanam, maka petani mulai pengerjaan lahan perlu pendampingan khusus bersama TNI. Hal itu sudah dicanangkan dari pusat, kerjasama TNI  dengan Kementerian Pertanian, menyukseskan swasembada pangan nasional.

“Untuk Kubar 2800 hektare, Mahulu 2000 hektare, itu prioritas tanam Kodim 0912 Kubar tahun ini. Sudah ada rapat antar Kodim 0912/Kbr bersama Dinas Pertanian Kubar. Juga dihadiri seluruh Danramil dan Babinsa se-Kubar. Yakni membahas target Luas Tambah Tanam (LTT) padi Kubar,” jelas Hendriawan Senjaya kepada Koran Kaltim, di Makodim Kubar, Rabu (30/8).

Ditambahkannya, mempertimbangkan  kondisi cuaca tahun ini yang tinggi curah hujan di Kubar, maka dikerahkan petani untuk menanam jenis padi gunung. Namun demikian katanya, untuk padi sawah tetap diupayakan, pada daerah sawah yang kurang terdampak banjir Sungai Mahakam. “Kita prioritaskan padi gunung.Babinsa memotivasi petani untuk memaksimalkan hasil. Sudah ada dari provinsi memantau dan mengkaji untuk melipatgandakan hasil pertanian  padi gunung di Kubar,” tegasnyas.

Ia menyebut selama ini petani di Kubar dalam menanam padi gunung masih menggunakan bibit padi tradisional. Pihak Kodim 0912/Kbr telah berkordinasi dengan Dinas Pertanian untuk mengadakan bibit padi gunung jenis unggul.

“Mungkin segera terealisasi bibit unggul padi gunung. Mudah-mudahan ini suatu terobosan untuk meningkatkan hasil padi gunung petani,” tuturnya.

“Saya perintahkan Babinsa di 13 Koramil untuk memotivasi, mengajak, serta mendampingi petani pada saat tanam padi gunung. Target kita agar tercapai ketahanan pangan Kubar. Meskipunsaat ini kendala kondisi cuaca yang sering membuat banjir,” pupusnya. (imr)


Dandim Perintahkan Babinsa Dampingi Petani

Kamis, 31/08/2017

Hendriawan Senjaya

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.