Kamis, 19/03/2020

Ini Kiat Mendampingi Anak Belajar di Rumah saat Pandemi Corona

Kamis, 19/03/2020

ILustrasi ( Foto: Shutterstock)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Ini Kiat Mendampingi Anak Belajar di Rumah saat Pandemi Corona

Kamis, 19/03/2020

logo

ILustrasi ( Foto: Shutterstock)

KORANKALTIM.COM--Pemerintah telah memberlakukan kebijakan social distance karena pandemi virus corona. Salah satunya, kebijakan agar anak didik harus belajar di rumah lantaran adanya ancaman penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok itu.

Sehubungan dengan anak belajar di rumah, orang tua tentu harus selalu memerhatikan setiap prosesnya agar anak tidak tenggelam dalam gimik ‘liburan’. Hal ini sangat perlu dilakukan, apalagi jika anak akan menghadapi ujian dalam beberapa waktu mendatang.

Cara Belajar di Rumah yang Efektif


Dikutip dari klikdokter.com, orang tua punya peranan penting untuk menemani proses belajar anak di rumah. Agar anak tetap produktif, berikut ini beberapa panduan untuk cara belajar di rumah yang efektif:


1. Sediakan Tempat Khusus untuk Belajar

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, Anda perlu mengkhususkan satu area di rumah untuk digunakan anak belajar dan mengerjakan tugas sekolah. 

"Usahakan agar area tersebut tenang, jauh dari suara nyaring televisi atau radio, serta banyak cahaya," ujar dr. Sepriani.


2. Atur Jadwal dengan Baik

Hindari bersikap otoriter. Dikatakan dr. Sepriani, Anda disarankan untuk mengajak anak berunding mengenai waktu belajarnya setiap hari. 

Diskusikan dengan anak kapan waktu terbaik untuk belajar. Sepakati juga durasi belajarnya dan waktu yang akan dialokasikan untuk membaca buku, di luar waktu mengerjakan tugas sekolah. 

"Tekankan pada anak mengenai konsistensi untuk mematuhi jadwal tersebut setiap hari," kata dr. Sepriani.


3. Minimalkan Distraksi atau Gangguan

Selama waktu belajar, sebisa mungkin hindari faktor-faktor yang dapat mengganggu, seperti televisi, telepon seluler, dan gawai. 

Orang tua juga perlu mengindahkan aturan ini. Jadi, saat mendampingi anak belajar, usahakan tidak menggunakan gawai, kecuali untuk hal-hal yang mendesak.


Ketahui Gaya Belajar Anak

Secara garis besar, terdapat tiga tipe gaya belajar anak, yaitu visual, auditorik dan kinestetik. Ketahui tipe gaya belajar anak dan bantu ia belajar sesuai dengan tipenya.

-Visual. Anak tipe ini biasanya dapat menerima informasi dengan melihat gambar. Orang tua dapat mengajarinya melalui gambar, peta pikiran (mind mapping), dan buku berilustrasi.

-Audio. Anak dengan tipe audio lebih sensitif terhadap suara, musik, dan memiliki minat tinggi terhadap irama. Saat belajar, orang tua dapat menggunakan intonasi ketika menyampaikan informasi pada anak. Belajar dengan teknik bercerita.

-Kinestetik. Anak lebih mudah menyerap informasi melalui aktivitas. Orang tua dapat menggunakan alat peraga atau mengaplikasikan langsung materi belajar.

 

Ketahui target di sekolahnya

Penting bagi para orang tua untuk berdiskusi secara intensif dengan guru di sekolah anak guna mengetahui target pencapaian di sekolah. 

Jika tujuannya untuk ujian akhir, pastikan mereka belajar lebih keras. Di sisi lain, kalau ada target selanjutnya, sesuaikan cara belajarnya.

Menghadapi pandemi virus corona, kegiatan belajar di rumah menjadi cara yang efektif bagi anak untuk tetap mendapatkan ilmu pengetahuan sekaligus mencegah penyebaran penyakit mematikan tersebut.(*)

Ini Kiat Mendampingi Anak Belajar di Rumah saat Pandemi Corona

Kamis, 19/03/2020

ILustrasi ( Foto: Shutterstock)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.