Selasa, 07/05/2024

Produk Lokal Bakal Diperkenalkan Saat Hari Kemerdekaan RI di IKN Agustus Mendatang

Selasa, 07/05/2024

(dokcnbcindonesia)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Produk Lokal Bakal Diperkenalkan Saat Hari Kemerdekaan RI di IKN Agustus Mendatang

Selasa, 07/05/2024

logo

(dokcnbcindonesia)

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bersiap melakukan kurasi dan memperkenalkan produk-produk lokal sebagai cinderamata yang mencerminkan kekayaan potensi Kalimantan Timur menyambut agenda nasional Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di lokasi IKN.

"Kami berkomitmen untuk menjadikan produk lokal sebagai cendera mata dari kekuatan kearifan lokal untuk jamuan tamu-tamu kenegaraan yang akan datang," ujar Direktur Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Otorita IKN, Muhsin Palinrungi melansir dari Antaranews.com Selasa (7/5/2024) hari ini.

Integrasi kearifan lokal dalam konsep pembangunan kota modern yang berkelanjutan menurutnya sangat penting. Pada saat peringatan 17 Agustus 2024 di IKN yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo, Otorita IKN memberikan akses bagi tamu untuk melihat dan membeli produk-produk lokal di Ibu Kota Nusantara, sehingga produk tersebut dapat berkembang dan dilestarikan sebagai bagian dari ekonomi kreatif.

 Konsep IKN sebagai kota modern yang mengintegrasikan kearifan lokal dengan smart city menjadi fokus utama pihak otorita dan tidak ada pertentangan antara kota modern dan aspek pelestarian. "Kami berusaha menciptakan keseimbangan, dimana aspek-aspek budaya lokal seperti kelestarian hutan yang telah dijaga oleh leluhur kita, dapat terus dipertahankan dan diintegrasikan dalam pembangunan kota," sebut Muhsin.

 Pengembangan kearifan lokal tidak hanya terbatas pada kawasan inti IKN, tetapi juga meluas ke kampung-kampung dan kecamatan di sekitarnya. "Kawasan sekitar di luar IKN adalah mitra strategis dalam pengembangan kebudayaan. Kami mengajak mereka untuk menjaga kearifan lokal, yang merupakan bagian dari identitas dan kekuatan budaya mereka," sebutnya.

 Muhsin juga menyinggung tentang kolaborasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional untuk memastikan kearifan lokal tetap terjaga dan berkembang. "Kami berencana melibatkan kabupaten dan kota di Kalimantan Timur dalam pengembangan budaya lokal, terutama setelah perayaan 17 Agustus mendatang," pungkas Muhsin.

 

Editor: Aspian Nur

Produk Lokal Bakal Diperkenalkan Saat Hari Kemerdekaan RI di IKN Agustus Mendatang

Selasa, 07/05/2024

(dokcnbcindonesia)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.