Jumat, 01/03/2024

Sudah Hitung Formulir C1, PAN Klaim Sudah Dapat Kursi ke-8 DPR RI di Dapil Kaltim

Jumat, 01/03/2024

(dokpartaipan)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Sudah Hitung Formulir C1, PAN Klaim Sudah Dapat Kursi ke-8 DPR RI di Dapil Kaltim

Jumat, 01/03/2024

logo

(dokpartaipan)

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA – Satu kursi di DPR RI diklaim sudah berhasil diduduki Partai Amanat Nasional (PAN) untuk daerah pemilihan Kalimantan Timur melalui hasil penghitungan di internal partai dengan meraih kursi ke- 8 atau kursi terakhir di Dapil Kaltim.

Hal ini disampaikan Koordinator Badan Saksi Nasional Partai PAN Lalu Edi Rahardianto dalam rilis kepada media Jumat (1/4/2024) hari ini. Lalu mengungkapkan mereka sudah menyelesaikan penghitungan formulir C1 atau hasil penghitungan suara disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS)  di seluruh Benua Etam.

"Kami telah menyelesaikan penghitungan secara manual formulir C1 di 11.441 TPS yang tersebar di sepuluh kota dan kabupaten di Kaltim. Suara total yang kami dapatkan sebanyak 110.903 suara," kata Lalu.

Penghitungan yang didapatkan Partai PAN tersebut berhasil mengungguli saingan terdekatnya yakni Partai Demokrat dalam perebutan kursi terakhir menuju Senayan.

Sebelumnya telah beredar kabar, Untuk Dapil Kaltim Partai Golkar telah memastikan dua kursi di DPR RI, disusul Gerindra satu kursi, PDIP satu kursi, Nasdem satu kursi, PKS satu kursi dan PKB satu kursi. Sedangkan kursi ke delapan atau terakhir bakal diperebutkan oleh PAN dan Demokrat.

Keputusan final perolehan kursi legislatif tersebut berada di ranah Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang hingga saat ini masih dalam proses penghitungan suara hingga tingkat kecamatan.

" Kami akan terus mengawal proses penghitungan ini sampai selesai. Kami akan patuh dengan aturan dan menunggu hasil keputusan resmi KPU," jelas Lalu.

Senada, perwakilan Partai PAN W Subroto menambahkan mereka juga telah menerima data pembanding dari sejumlah partai politik lainnya yang menyebutkan partai  berlambang matahari berwarna putih tersebut unggul dalam perebutan kursi terakhir DPR RI.

"Pengitungan partai lain juga merupakan hasil rekap dari  data C1, kami mendapatkan catatan PAN unggul dalam perebutan kursi ke -8," jelas Subroto.

Hasil penghitungan di internal partai ini, diakui Subroto memang belum menjadi keputusan final, pasalnya proses penggitungan secara resmi masih berjalan di KPU dengan jadwal pada 2 Maret 2024 bakal berlangsung pleno penghitungan suara di tingkat daerah.

" Tidak ada pilihan bagi kami untuk terus mengawal proses penghitungan suara ini hingga tuntas, yang pasti kami punya data riel C1 lengkap di seluruh TPS yang ada di Kaltim," kata Subroto.

Diharapkannya dalam sisa tahapan penghitungan KPU ini bakal berlangsung dengan aman tertib dan lancar dan tidak ada indikasi kecurangan oleh partai politik untuk menggelembungkan suara. 


Editor: Aspian Nur

Sudah Hitung Formulir C1, PAN Klaim Sudah Dapat Kursi ke-8 DPR RI di Dapil Kaltim

Jumat, 01/03/2024

(dokpartaipan)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.