Selasa, 15/08/2017

Kenalkan Sejarah Lewat Pramuka

Selasa, 15/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kenalkan Sejarah Lewat Pramuka

Selasa, 15/08/2017

TANA PASER – Bupati Paser Yusriansyah Syarkawie, meminta kepada Pramuka untuk dapat mengenalkan sejarah bangsa Indonesia. Hal ini disampaikannya, saat menghadiri peringatan ke-56 tahun Hari Pramuka, yang berlangsung di Bumi Perkemahan (Bumper) Pangeran Antasari Desa Tajur, Kecamatan Long Ikis, Senin (14/8).

“Momen peringatan Hari Pramuka yang ke-56 tahun ini, menjadi kesempatan bagi para peserta didik untuk mewarisi budaya dan adat istiadat, hormat-menghormati antar sesama dan lebih tua, mengenal sejarah bangsa, UUD, Pancasila hingga Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa,” katanya.

Terutama sejarah bangsa Indonesia, lanjut dia, wajib dikenalkan kepada para generasi penerus. Jadi tidak hanya sekedar latihan baris-berbaris, cara membangun tenda atau membuat simpul tali saja. Namun, lebih kepada menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air.

“Jangan lupakan sejarah bangsa Indonesia karena itu diraih para pahlawan bangsa dengan penuh perjuangan dan doa. Untuk itu, sentuhlah rasa cinta, bangkitkan rasa bangga generasi muda pada tanah airnya, sehingga benar-benar tertanam di dalam setiap diri anggota Pramuka,” ucapnya.

Dikatakan, Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana. Artinya, jiwa muda yang suka berkarya. “Meskipun usia gerakan pramuka semakin bertambah, tapi semangatnya harus tetap muda, produktif dalam berkarya, inovatif dan kreatif,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati berharap Pramuka terus berkreasi dan berkarya pada Organisasi Gerakan Pramuka. “Isilah usia muda kalian dengan kegiatan-kegiatan positif yang produktif. Karena, seorang pramuka itu harus berani dan terampil dalam melakukan inovasi untuk hal yang positif,” paparnya.

Dari pantauan, terdapat sejumlah dukungan untuk penyaluran air bersih di Bumper Pangeran Antasari Desa Tajur, Kecamatan Long Ikis. Masyarakat dan kepala desa memberikan dukungan selama kegiatan berlangsung.

“Penyaluran air bersih di lokasi, merupakan dukungan masyarakat dan kepala desa setempat. Selain itu, lapangan untuk kegiatan juga hasil gotong royong bersama para anggota Pramuka dengan masyarakat sekitar,” kata Abdul Muthakib, Kepala SD 022 Long Ikis.

Menjelang HUT RI  ke-72,  pihaknya juga mengenalkan sejarah bangsa. “14 Agustus atau Hari Pramuka, sangat berdekatan dengan hari yang sangat bersejarah yakni hari kemerdekaan 17 Agustus, dan kami juga mengenalkan sejarah bangsa Indonesia melalui Pramuka,” pungkasnya. (sur)


Kenalkan Sejarah Lewat Pramuka

Selasa, 15/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.