Selasa, 29/08/2017

Polsek Tingkatkan Giat Siskamling

Selasa, 29/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Polsek Tingkatkan Giat Siskamling

Selasa, 29/08/2017

SENDAWAR - Dari sejumlah kasus yang ditangani Kepolisian Sektor (Polsek) Kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat (Kubar), da-lam kurun Januari-Agustus tahun ini, kasus pencurian mendominasi. Diantaranya, kasus pencurian sepeda motor dan kasus pembobolan rumah.

“Pencurian dengan pemberatan, sasarannya rumah-rumah kosong. Pada umumnya rumah yang dijadikan target yakni rumah yang tinggalkan pemiliknya. Baik itu pergi kerja, ke ladang atau pulang kampung,” ujar Kapolsek Barong Tongkok, Iptu Tri Yandi Permana SIK, Senin (28/8).

Menurutntya, pada kasus pembobolan rumah, pihak Kepolisan terlebih dahulu mengumpulkan sejumlah bukti di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Sebab, pada kasus pembobolan rumah, biasanya tanpa saksi mata. Setelah mengumpulkan alat bukti serta keterangan dari warga sekitar. Selanjutnya akan menjurus penemuan titik terang siap pelakunya. “Selain tak ada saksi, mayoritas usai melakukan kejahatan, pelaku melarikan diri ke luar kota. Untuk itu kita melakukan koordinasi guna penangkapan pelaku,” terang perwira lulusan Akademi Kepolisian tahun 2012 itu.

Wilayah hukum Polsek Barong Tongkok mencakup dua kecamatan, dengan luas wilayah 702.492 KM persegi. Secara geografis, Polsek Barong Tongkok menaungi 32 Kampung. Yaitu, 21 kampung di Kecamatan Barong Tongkok dan 11 kampung di Kecamatan Linggang Bigung. Personel Kepolisian yang bertugas khusus di Polsek Barong Tongkok berjumlah 24 personel.  Yakni, Perwira dua orang, Bintara Tinggi tiga orang serta personel lainnya.

Dalam rangka mengantisipasi kejahatan pembobolan rumah, Tri Yandi mengaku sudah melakukan penjagaan secara maksimal. Baik itu melalui patroli rutin di jam-jam kerja maupun patroli Berantai. Pihaknya juga telah melakukan Sosialisasi Giat Sistem Keamanan Lingkungan. “Sebab, pada jam kerja merupakan waktu pelaku beraksi. Targetnya yakni rumah yang di tinggalkan dalam keadaan kosong. Di sejumlah kampung, Simkamling sudah hidup. Seperti di Kampung Bangun Sari dan Purwodadi. Kita berharap seluruh kampung akan melaksanakan giat Siskamling,” sebutnya.

Ia berharap, melalui sosialisasi akan menumbuhkan kesadaran masayarakat untuk menjaga kampungnya. “Tentunya juga, secara rutin kita melakukan kegiatan kamtibmas ke kampung-kampung serta tiap kampung akan didampingi Bhabinkamtibmas.

Berdasarkan data Polsek barong Tongkok, kasus pencurian di tahun 2017, yaitu, Januari sebanyak 2 kasus, April ada 1 kasus, Mei  sebanyak 2 kasus serta agustus ada 1 kasus. “Kasus pembobolan rumah kita masukkan ke unsur pasal 363 KUH. Sebab selain mencuri, pelaku juga melakukan pengrusakan rumah,” jelas Tri Yandi. (imr)


Polsek Tingkatkan Giat Siskamling

Selasa, 29/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.