Sabtu, 14/10/2017

Distan Dapat Bantuan Bibit Bawang dan Cabai

Sabtu, 14/10/2017

Bambang Marjuki

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Distan Dapat Bantuan Bibit Bawang dan Cabai

Sabtu, 14/10/2017

logo

Bambang Marjuki

PENAJAM - Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mendapatkan bantuan bibit bawang merah dan cabai yang diberikan oleh Pemprov Kaltim melalui APBN yang diperuntukan oleh sejumlah kelompok tani di wilayah setempat.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian PPU, Bambang Marjuki, kepada Koran Kaltim mengungkapkan, bantuan bibit bawang merah dan cabai dari Pemprov untuk pertama kalinya akan ditanam pada lahan seluas 50 hektare, bibit bawang akan ditanam di lahan luasan 20 hektare sementara cabai 30 hektare.

“Bantuan bibit dari Pemerintah Pusat untuk pertama kalinya ini diharapakan dapat mampu meningkatkan kesejateraan petani dan mampu memenuhi ketersediaan komiditas bawang dan cabai di wilayah PPU,” ungkap Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian PPU, Jumat (13/10).

Jika bibit yang diberikan Pemprov itu sukses di kelolah oleh sejumlah para kelompok tani, ia menyakini, produksi bawang merah dan cabai dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Benua Taka, bahkan dapat di pasarkan kebeberapa daerah lainnya di Kaltim. “Kalau sudah para kelompok tadi ini sudahh panen, bawang dan cabai bisa melimpah dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat PPU maupun daerah lainya yang ada di Kaltim,” ucapnya.

Bantuan bibit bawang merah yang diterima dari Pemprov, Kamis, (12/10), akan segera diambil sampelnya untuk di uji keaslian bibitnya.

Menurut Bambang, jika petani sukses panen, dalam lahan luasan 1 hektare bawang merah dapat mengahasilkan hingga 10 ton sementara untuk cabai per hektarenya dapat menghasilkan 8 ton. “Yang jadi permasalahan itu jika petani telah panen, gudangnya penampungannya itu tidak ada, sehingga kami selalu berupaya untuk mendapatkan bantuan gedung,” tuturnya.

Selain mendapatkan bantuan bibit bawang merah dari Perintah Pusat, Dinas Pertanian juga dapat bantuan dari Bank Indonesia (BI) tetapi hasilnya hanya untuk benih untuk kebutuhan penanaman selanjutnya. (wn1017)

Distan Dapat Bantuan Bibit Bawang dan Cabai

Sabtu, 14/10/2017

Bambang Marjuki

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.