Rabu, 30/08/2017

Distan PPU Siapkan 500 Hewan Kurban

Rabu, 30/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Distan PPU Siapkan 500 Hewan Kurban

Rabu, 30/08/2017

PENAJAM – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyiapkan stok 500 hewan kurban pada Iduladha 1438 Hijriah. Hewan kurban itu masing-masing 400 ekor sapi dan 100 lebih ekor kambing. Demikian diungkapkan Kepala Distan PPU, Joko Dwi Febrianto, kepada Koran Kaltim, Selasa (29/8) kemarin.

“Saya kira itu sudah cukup memenuhi kebutuhan hewan kurban saat Lebaran Iduladha besok,” ujarnya.

Joko menyebutkan tahun lalu pihaknya juga menyiapkan stok hewan kurban sebanyak 400 ekor sapi, begitu pula kambing jumlahnya sama dengan tahun ini. Harapannya semua hewan itu bisa tersalurkan kepada masyarakat yang ingin berkurban dengan kondisi kesehatan baik dan layak.

Untuk menjamin kesehatan hewan kurban, pihak Distan juga telah memantau karena tim penanggulangan ternak kurban telah dikerahkan untuk memeriksa kesehatan hewan-hewan itu. Jangan sampai ada hewan yang terjangkit virus penyakit.

Diterangkannya, untuk memastikan hewan kurban sehat dikonsumsi pihaknya melakukan pemeriksaan kepada hewan kurban baik berasal dari peternak maupun yang masuk dari luar daerah. Pemeriksaan dilakukan sebanyak dua kali, yakni saat  hewan masih hidup dan setelah disembelih.

“Bagi hewan ternak yang ditemuka menderita virus penyakit maka langsung kami musnahkan agar tidak  menjangkiti hewan lainnya,”tukasnya.

Dituturkannya, nanti tim penanggulangan ternak kurban, terdiri dari para dokter hewan akan melakukan inspeksi kesehatan kepada seluruh hewan ternak sapi maupun kambing untuk memastikan hewan itu sehat dan layak konsumsi.

Tim penanggulangan hewan kurban dari Distan tersebut berjumlah 30 orang, yang terdiri dari sejumlah dokter hewan dan beberapa staf Distan. Selain memeriksa kesehatan hewan, tim juga melakukan pengecekan beberapa persyaratan dokumen termasuk kondisi fisik yaitu usia hewan yang sudah dapat dikurbankan.

“Kita berharap semua hewan kurban baik lokal maupun dari luar daerah siap untuk dikurbankan dengan   kondisinya sehat dan layak konsumsi,” pungkas Joko. (nav)


Distan PPU Siapkan 500 Hewan Kurban

Rabu, 30/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.