Minggu, 24/09/2017

Antusias, Ribuan Warga Nobar Film G30S/PKI

Minggu, 24/09/2017

NOBAR: Masyarakat di Kabupaten Paser (foto kiri) dan Kutai Barat (foto kanan) terlihat antusias menyaksikan pemutaran film G30S/PKI.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Antusias, Ribuan Warga Nobar Film G30S/PKI

Minggu, 24/09/2017

logo

NOBAR: Masyarakat di Kabupaten Paser (foto kiri) dan Kutai Barat (foto kanan) terlihat antusias menyaksikan pemutaran film G30S/PKI.

TANA PASER – Warga berduyun-duyun datang dan memadati Lapangan Prajurit di Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Sabtu (23/9) malam, sekira Pukul 20.00 Wita. Kedatangan mereka untuk menyaksikan atau nonton bareng (nobar) pemutaran film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia atau biasa disingkat G30S/PKI gelaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0904 Tanah Grogot.

Warga yang sebagian besarnya memilih duduk melantai untuk meyaksikan film berdurasi sekitar satu jam tentang sejarah kelam Indonesia atau penghianatan (rencana kudeta) PKI terhadap ideologi Pancasila. Terlihat, masyarakat begitu tenang dan fokus selama film ditayangkan. Tak jarang, sebagian mereka menundukkan kepala saat film menampilkan penculikan para jenderal, yang dirasa begitu kejam.

Untuk diketahui, sebelum pemutaran film G30S/PKI dimulai, Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) AL Ihsan KH Badaruddin memberikan sambutan dan sangat mengapresiasi kegiatan nobar itu.

Menurutnya, nobar film G30S/PKI sangat penting bagi masyarakat, khususnya remaja sebagai generasi penerus. Guna mengetahui sejarah kelam yang pernah dialami bangsa Indonesia di masa lalu. “G30S/PKI merupakan perbuatan yang tidak manusiawi, sehingga perlu diketahui oleh generasi muda saat ini. Dan sejarah kelam di masa lalu ini, harapannya tidak boleh terulang kembali saat ini, serta di masa yang akan datang,” imbuhnya.

Sementara, Komandan Kodim (Dandim) 0904 Tanah Grogot Letkol Arh Ardian Patria Chandra melalui Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0904 Tanah Grogot Mayor Kav Calvin mengungkapkan, pihaknya melaksanakan nobar film G30S/PKI di dua tempat. Yakni, Lapangan Prajurit dan Arena Promosi Putri Petung. “Sesuai dengan instruksi Panglima TNI dan Dandim 0904 Tanah Grogot, kami siap memutar film G30S/PKI,” ungkapnya. 

Pemutaran Film, bertujuan agar generasi muda dapat terhindar oleh hal-hal yang dapat memecah belah keutuhan bangsa.

Hal yang sama (nobar) Film G30S/PKI juga dilakukan di Kutai Barat (Kubar), tepatnya di Makodim. Ribuan warga menyaksikan film mengenang tragedi nasional penghianatan PKI tersebut, Sabtu, (23/9). “Pemutaran film yang sama itu juga diselenggarakan di seluruh Koramil jajaran Kodim 0912/Kbr, serentak dihari yang sama,” jelas Komandan Kodim 0912 Kbr, Letkol Infanteri Hendriawan Senjaya kepada wartawan, usai acara itu.

Sementara di Berau, pemutaran Film G30S/PKI baru akan dilakukan Komando Distrik Militer (Kodim) 0902/Trd, Kabupaten Berau, Kamis (28/9) mendatang di GOR Graha Pemuda Tanjung Redeb.

“Nonton bareng ini merupakan wujud edukasi dan mengingatkan sejarah kepada generasi muda saat ini, tentang sejarah kelam Bangsa Indonesia, terkait tragedi G30S/PKI. Sedangkan untuk target peserta nonton bareng ini diantaranya siswa sekolah tingkat SMP dan SMA, hingga mahasiswa, Ormas, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, prajurit TNI, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), serta masyarat umum,” terang Dandim 0902/Trd, Letkol Rony Nuswanto, Minggu kemarin.

Diharapkan juga ,dari kegiatan ini dapat menjadi pemahaman dan pengetahuan generasi muda terkait bahaya akan paham komunisme secara ideologi dan organisasi. Selain itu, juga mengingatkan kepada generasi muda dan prajurit TNI, agar peristiwa tersebut tidak terulang kembali di masa mendatang. Serta masyarakat dari berbagai golongan dapat terus memperkokoh persatuan dan kesatuan, untuk terus membangun Indonesia yang lebih baik.

“Kita sangat bersyukur, untuk penayangan kembali terkait pemutaran G30S/ PKI ini, mendapat sambutan baik dari masyarakat Berau. Itu terlihat dari antusias masyarakat yang  bergantian datang ke Kodim dan Koramil untuk bertanya kapan nonton bareng tersebut diselenggarakan. Dan sampai hari ini, sudah ada beberapa sekolah yang mengkonfirmasi siap mengirimkan seluruh siswanya ikut nobar. Untuk jadwal pelaksanaan, itu akan kita gelar dari jam 08.00 Wita sampai selesai,” pungkasnya. (sur/imr/ind)

Antusias, Ribuan Warga Nobar Film G30S/PKI

Minggu, 24/09/2017

NOBAR: Masyarakat di Kabupaten Paser (foto kiri) dan Kutai Barat (foto kanan) terlihat antusias menyaksikan pemutaran film G30S/PKI.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.