Kamis, 18/04/2024

Usai Libur Lebaran, Kemenag Kaltim Fokus Gelar Manasik Haji di Seluruh Kota dan Kabupaten

Kamis, 18/04/2024

Idokkemenagkaltim)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Usai Libur Lebaran, Kemenag Kaltim Fokus Gelar Manasik Haji di Seluruh Kota dan Kabupaten

Kamis, 18/04/2024

logo

Idokkemenagkaltim)

Penulis: Rahmat Surya 

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA – Proses bimbingan haji atau manasik haji akan segera dilakukan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kalimantan Timur jelang pemberangkatan calon jemaah haji ke Tanah Suci Mekkah.

Ketua Tim Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Bidang PHU Kemenag Kaltim Khaeruddin menjelaskan, usai libur Lebaran mereka mulai fokus pada tahapan-tahapan pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Dalam pelaksanaan manasik haji ini nantinya yang menangani adalah Kemenag di tiap-tiap kabupaten kota dan mereka yang akan menyesuaikan penjadwalannya sendiri," jelas Khaeruddin, Kamis (18/4/2024).

Proses manasik haji ini akan dilaksanakan sekitar tga kali di kabupaten kota lalu 7 kali di kecamatan. "Untuk pelaksanaan ini jadwalnya disesuaikan dengan kebutuhan mereka, sebelumnya jemaah masuk ke Embarkasi Balikpapan," sebut Khaeruddin lagi.

Dalam proses bimbingan ibadah haji ini nantinya ditangani langsung oleh tim baik dari Kemenag Kaltim maupun kabupaten kota.

"Karena memang yang membimbing itu adalah mereka yang bersertifikat, jadi yang menentukan itu dari kabupaten kota masing-masing, tapi kadang-kadang ada yang meminta tim pembimbing dari Kanwil, dan dari unsur lain juga bisa dilibatkan" sebutnya.


Selain itu, dalam persiapan lainnya menjelang keberangkatan Kemenag Kaltim juga fokus pada penyelesaian dokumen calon jamaah lalu penyusunan kloter di tiap kabupaten kota.

"Kemudian juga saat ini kita tengah fokus pada persiapan pelantikan panitia Embarkasi Haji Balikpapan," sebutnya.

Keberangkatan pertama  kloter calon jemaah haji akan masuk ke Embarkasi Balikpapan pada tanggal 13 Mei bulan depan. "Lalu pada tanggal 14 Mei para jemaah ini akan kita terbangkan ke Tanah Suci Mekkah," ucapnya.

Akhir pemberangkatan calon Jemaah Haji nantinya akan masuk pada tanggal 9 Juni 2024 untuk diberangkatkan pada tanggal  10 Juni yang akan datang.

Diharapkan menjelang keberangkatan bulan depan seluruh proses pelaksanaan bisa berjalan lancar, serta hal-hal lainnya dalam kebutuhan Ibadah Haji bisa terlaksana dengan baik.


Editor: Aspian Nur

Usai Libur Lebaran, Kemenag Kaltim Fokus Gelar Manasik Haji di Seluruh Kota dan Kabupaten

Kamis, 18/04/2024

Idokkemenagkaltim)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.