Kamis, 23/11/2023

Pengguna Android Diperingatkan Bahaya Sideload yang Mengancam Ponsel

Kamis, 23/11/2023

(thesun)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Pengguna Android Diperingatkan Bahaya Sideload yang Mengancam Ponsel

Kamis, 23/11/2023

logo

(thesun)

KORANKALTIM.COM - Pengguna ponsel Android diingatkan untuk tidak asal mengunduh aplikasi tidak resmi dan berada di luar dari Google Play Store, mengeluarkan peringatan tentang bahaya sideload, istilah untuk memasang aplikasi dari luar toko resmi tersebut.

Hal ini ditegaskan Kepala Eksekutif Google Sundar Pichai karena melihat banyaknya  aplikasi berbahaya yang mengintai setiap saat kala pengguna mengunduh aplikasi tak dikenal.

Hal ini berbeda dengan iPhone, yang membatasi pengguna untuk mengunduh secara ketat dari Apple App Store. Google menawarkan Play Store-nya sendiri, tetapi memungkinkan pengguna Android mengunduh aplikasi dari mana saja  tetapi dengan peringatan pop-up yang menandai bahayanya.

"Kami tidak ingin membiarkan pengguna membahayakan ponsel mereka sendiri," kata Sundar dikutip dari The Verge Kamis (23/11/2023) hari ini. " Mengunduh dari luar Play Store bisa memasang malware di ponsel, itu benar-benar bisa membahayakan keamanan ponsel pengguna, sangat signifikan," paparnya.

"Kami mencoba untuk mencapai keseimbangan. iPhone Apple hanya mengizinkan App Store, tetapi kami percaya pada pilihan. Jadi di Android kami mengizinkan pengguna untuk melakukan sideload dan menginstal aplikasi tambahan. Ini seperti sabuk pengaman di dalam mobil. Kami menambahkan perlindungan sehingga pengguna dapat menggunakannya dengan aman," tegas Sundar.

Sundar berbicara di persidangan AS v Google minggu lalu, dan memberikan kesaksian dibawah sumpah ketika dia membuat komentar tersebut.

Kasus antimonopoli ini memeriksa apakah Google membuat kesepakatan dengan perusahaan lain termasuk Apple untuk menampilkan fitur mesin pencarinya.

Para ahli dunia maya telah lama memperingatkan tentang bahaya sideload. Google Play Store memiliki pemeriksaan ketat untuk membasmi malware berbahaya yang dibuat oleh penjahat untuk menginfeksi ponsel. Tetapi jika pengguna menginstal aplikasi dari luar toko resmi berisiko mengunduh perangkat lunak berbahaya yang mengandung virus.

Pengguna harus mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi yang dimuat secara sideload dan menggantinya dengan versi Google Play Store kecuali jika sangat yakin bahwa aplikasi tersebut aman.

Sementara Eksekutif Senior Apple Craig Federighi menyebut sideload sebagai teman baik penjahat siber saat berbicara di Web Summit pada tahun 2021. "Sebagai seorang insinyur yang ingin iPhone tetap seaman mungkin bagi pengguna kami, ada satu bagian yang saya khawatirkan dan itu adalah ketentuan yang mengharuskan iPhone untuk mengizinkan sideload,” kata Craig.

"Atas nama memberikan lebih banyak pilihan kepada pengguna, satu ketentuan tersebut akan menghilangkan pilihan konsumen akan platform yang lebih aman. Semua ini terjadi di saat orang-orang menyimpan lebih banyak informasi pribadi dan sensitif dari sebelumnya di iPhone mereka. Dan saya dapat memberitahu tidak pernah ada penjahat siber yang lebih bertekad untuk mendapatkannya," tegas Craig.

Pengguna juga dapat tertipu untuk melakukan sideload, menciptakan bahaya bagi pengguna yang tidak paham teknologi.


Editor: Aspian Nur

Pengguna Android Diperingatkan Bahaya Sideload yang Mengancam Ponsel

Kamis, 23/11/2023

(thesun)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.