Share?

DPMPD-DPKD Kaltim Jalin Kerjasama Pembinaan Kearsipan


korankaltim
korankaltim
    2018-04-19 03:45:03.000000
img

JALIN KERJASAMA: Jauhar Effendi dan HM Aswin menandatangani kerja sama kearsipan OPD. (NORJAYA/humasprov)

SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kaltim lakukan penandatanganan naskah kerjasama dalam hal pembinaan kearsipan.

Penandatanganan dilakukan Kepala DPMPD Kaltim HM Jauhar Efendi dan Kepala DPKD Kaltim HM Aswin di Kantor DPMPD Kaltim, Selasa (17/4).

Kerjasama ini dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kualitas pengelolaan kearsiapan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan lingkup DPMPD Kaltim.

“Program ini sangat baik. Yang lain harus mengikuti,” kata Kepala DPMPD Kaltim M Jauhar Efendi saat Pembinaan Arsip Internal dan Penandatanganan Naskah Kerjasama Pembinaan Kearsipan, di Kantor DPMPD Kaltim.

Jauhar menilai Kepala OPD dan pejabat struktural penting diberi pemahaman karena memang sebelumnya belum pernah diajarkan secara khusus. Karena itu, jajaran DPMPD Kaltim bersyukur DPKD membuat terobosan mengajak keterlibatan Kepala OPD dan pejabat struktural dalam pengelolaan kearsipan internal.

“Semoga melalui kerjasama ini. OPD di lingkungan Pemprov Kaltim tertib arsip. Tak terkecuali jajaran DPMPD Kaltim,” jelasnya.

Setelah ini, Jauhar mengaku akan berusaha membenahi pengelolaan arsip internal sesuai kemampuan. Secara bertahap DPMPD akan memenuhi persyaratan pengelolaan arsip. Bila perlu akan disiapkan ruang khusus pengarsipan.

“Yang jelas setidaknya semua memahami bahwa arsip bagian penting dalam siklus pekerjaan. Semua pejabat struktural dan dibawahnya diharap tidak segan minta bimbingan, sehingga saat audit penilaian tidak bermasalah lagi. Yang terpenting tertib administrasi,” tegasnya.

Kepala DPKD Kaltim M Aswin berharap DPMPD bisa menjadi contoh agar semua OPD, lebih aktif lagi membenahi pengelolaan arsip di internal OPD.

“Pembinaan dengan melibatkan Kepala OPD beserta pejabat struktural di bawahnya bagus. Kalau pimpinannya paham bisa ikut mendukung pengeloloaan arsip dengan baik. Makanya kita berharap pembinaan tidak sekali ini saja, tapi rutin sampai kita benar-benar paham,” kata Aswin. (jay/sul/adv)

berita TERKAIT


baca LAINNYA

Korankaltim.com - Cerdas Bersama Rakyat