Senin, 21/05/2018

Soal Debat Calon Gubernur Kaltim, Komisi I Akan Panggil Pihak Terkait

Senin, 21/05/2018

Jafar Haruna

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Soal Debat Calon Gubernur Kaltim, Komisi I Akan Panggil Pihak Terkait

Senin, 21/05/2018

logo

Jafar Haruna

SAMARINDA - Sekretaris Komisi I DPRD Kaltim Jafar Haruna mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat akan memanggil pihak terkait guna membahas persoalan perhelatan debat kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Kaltim yang dinilai cenderung pemborosan dan tidak efektif. Ketidakefektifan tersebut menurutnya terjadi di dua momen debat, baik yang pertama maupun yang kedua.

“Bahkan dua kali debat kandidat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kaltim sangat mubazir APBD. Mestinya bekerjasama dengan TVRI Kaltim sudah cukup, boleh juga jika ditambah tayang pula di stasiun tv swasta lokal. Sebab selain pemborosan acara itu juga sangat membebani para pasangan calon untuk mengerahkan pendukungnya masing-masing ke Jakarta saat siaran langsung. Apakah ini bukan pemborosan? Ini evaluasi saya sebagai anggota Komisi I DPRD Kaltim,” ungkap Politikus Demokrat ini.

Ia menambahkan, dengan membebani para pasangan calon akibat biaya untuk mengerahkan pendukungnya ke Jakarta, pilgub ini tentu juga memakan biaya tinggi baik oleh penyelenggara maupun pihak pasangan calon, yang mana ini terjadi di tengah kondisi masyarakat Kaltim masih banyak yang miskin.

Jafar menerangkan, seperti debat kandidat yang kedua di i-News TV, ia juga menilai sangat tidak signifikan dengan efektifitas yang diterima. Hal itu akibat tayangan gambar kurang jelas, jangkauan tayangan terbatas hanya dapat ditonton oleh sebagian besar masyarakat Kaltim yang di kota. Sementara masyarakat yang jauh di pelosok pedalaman Kaltim sulit mengakses tayangan debat.

Untuk itu Komisi I  DPRD Kaltim akan segera menjadwalkan Rapat Dengar Pendapat bersama penyelenggara Pilkada Kaltim seperti Kesbangpol, Biro Keuangan, Bawaslu, Kepolisian dan beberapa lainnya untuk mempertanyakan hal ini sebagai langkah evaluasi dan perbaikan. Ini sangat diperlukan karena masih ada sisa waktu dalam tahapan perhelatan pesta demokrasi tingkat lokal ini sehingga dapat dilakukan pembenahan di beberapa tahapan hingga lebih akuntabel dan transparan.

“Setidaknya setelah reses, dipertengahan bulan puasa sekitar akhir Mei atau awal Juni akan dijadwalkan pertemuannya,” sebutnya. (adv/hms5)

Soal Debat Calon Gubernur Kaltim, Komisi I Akan Panggil Pihak Terkait

Senin, 21/05/2018

Jafar Haruna

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.