Selasa, 17/09/2019

Buka Rakerda UKS, Sekda Minta Sekolah yang Mulai Kendor Agar Dievaluasi

Selasa, 17/09/2019

Sekda Samarinda Sugeng Chairuddin berfoto bersama usai membuka Rakerda UKS

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Buka Rakerda UKS, Sekda Minta Sekolah yang Mulai Kendor Agar Dievaluasi

Selasa, 17/09/2019

logo

Sekda Samarinda Sugeng Chairuddin berfoto bersama usai membuka Rakerda UKS

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Sebanyak 85 Pembina Unit Kesehatan Sekolah dan Madrasah (UKS/M) mulai dari tingkat TK hingga SMP Negeri Madrasah dan unsur Kecamatan se Kota Samarinda mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tim pembina UKS/M kota Samarinda di aula rumah Jabatan Walikota di Jl S Parman, Selasa (17/9/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Sugeng Chairuddin,

saat membuka Rakerda menyampaikan program UKS yang ada di setiap sekolah saat ini merupakan program kesehatan terpadu yang termasuk salah satu prioritas daerah yang tertuang dalam visi Pemkot Samarinda.

Oleh itu Sugeng berharap, melalui Rakerda  setidaknya bisa menjadi momentum untuk melakukan evaluasi terhadap kelemahan-kelemahan dalam pembinaan yang hingga saat ini belum terselesaikan.

“Karena kalau ditarik benang lurus hingga hari ini UKS kita tidak pernah absen dari prestasi baik di tingkat provinsi maupun nasional, tapi sayangnya rata-rata sekolah yang berprestasi tadi setiap ganti Kepala Sekolah kendor kembali program UKS nya,” singgung Sekda.

Sebab itu, ia meminta agar dicari solusi melalui rakerda tersebut terkait sekolah-sekolah yang mulai kendor tadi. 

Karena tujuan dari semua ini jelas dia, pada hakikatnya Pemkot ingin sekolah mempunyai program yang bisa merubah pola pikir anak didik supaya berperilaku hidup sehat.

“Apalagi pembicara hari ini saya liat orang hebat semua, mereka pernah berprestasi untuk pembinaan UKS di tingkat nasional jadi sudah seyogyanya ilmu tadi ditularkan ke sekolah lain. Karena rakerda  ini sangat strategis utk menyamakan persepsi untuk sistem pembinaan,” urai Sugeng mengakhiri.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Rakerda, Abdul Jami mengatakan jika rapat yang digelar pihaknya sebagai bagian peningkatan kapasitas pengelolaan UKS di sekolah dan pembina di Kecamatan dalam mengimplematsikan hasil dalam Rakerda Provinsi tahun lalu. 

“Harapan kami  semoga melalui rakerda yang kita gelar hari ini bisa memberikan manfaat pembinaan UKS  sesuai hasil komitmen bersama,” tutur Abdul Jami yang juga Kepala Bagian Kesejahteraan Sekretariat Kota Samarinda.

Selain itu, tambahnya juga meningkatkan koordinasi dan komunikasi antara tim pembina Kota dengan tim pembina Kecamatan dan sekolah. Sehingga kedepan pengelolaan UKS di Samarinda bisa  lebih kreatif, mandiri dan penuh ide sehingga mampu bersaing dengan daerah lain.

Untuk diketahui, di kota Samarinda sendiri saat ini ada sebanyak 613 UKS yang telah terbentuk di Sekolah. Dari total tersebut kini yang masuk dalam stara maksimal ada sebanyak 137 UKS , Standar 126 UKS dan Optimal 149 UKS. Sementara untuk stara Paripurna ada sebanyak 201 UKS, dimana jumlah  tadi dianggap nilai positif dari total 613 UKS di Sekolah yang ada di kota Tepian.

Hadir dalam Rakerda, Asisten I Sekretariat Daerah Samarinda Tejo Sutarnoto, Kepala  Dinas Kesehatan Drg Rustam serta Kepala Dinas Kominfo Aji Syarif Hidayatullah dan para Lurah serta pimpinan Puskesmas se Kota Samarinda.(adv/kmf4)

Buka Rakerda UKS, Sekda Minta Sekolah yang Mulai Kendor Agar Dievaluasi

Selasa, 17/09/2019

Sekda Samarinda Sugeng Chairuddin berfoto bersama usai membuka Rakerda UKS

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.