Kamis, 23/11/2017

Peran Penting Pemerintah Majukan Museum

Kamis, 23/11/2017

Rita Artaty Barito

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Peran Penting Pemerintah Majukan Museum

Kamis, 23/11/2017

logo

Rita Artaty Barito

SAMARINDA - Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Rita Artaty Barito menyampaikan bahwa Kaltim memiliki beberapa museum sebagai objek wisata sejarah yang tersebar diberbagai daerah.  Diantaranya di Kabupaten Kutai Kartanegara, Paser, Berau dan Kutai Timur. Namun kondisinya saat ini memprihatikan. Baik dari koleksinya maupun pengelolaannya. Bekaca dibalik kemajuan beberapa museum-museum di Indonesia, ternyata besarnya dukungan pemerintah memiliki peran yang penting. 

“Memang seharusnya museum-museum di Kaltim perlu dukungan anggaran dan pengelolaan yang baik, dan semua itu merupakan pekerjaan rumah bagi kita yang wajib dibenahi dan selesaikan,” ucapnya. 

Terkait lemahnya perhatian pemerintah terhadap museum, Politikus Golkar tersebut mengaku sangat menyayangkan. Sebab Kaltim sejatinya memiliki nilai sejarah dan budaya yang begitu besar. Apalagi Kerajaan Kutai yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan salah satu kerajaan tertua di Indonesia. Sayangnya, kebudayaan dan sejarah yang besar itu tak banyak diketahui oleh generasi muda masyarakat Kaltim. Era modernisasi seolah menutup mata masyarakat, bahwa di Tanah Borneo pernah pernah memiliki sejarah dan kejayaan di masa lalu. 

“Peran museum-lah dalam hal ini yang memberikan kontribusi penting dalam menjaga warisan sejarah agar tak mudah dilupakan,” katanya. 

Selain anggaran, untuk menarik minat berkunjung ke museum, pengelola museum-museum di Kaltim juga harus gencar berpromosi. Caranya setiap tahun museum membuat kalender of event. Yakni melaksanakan gelar wisata yang diisi dengan lomba-lomba kecerdasan anak yang diikuti pelajar dari tingkat TK hingga SMA. Sekolah-sekolah di Kaltim  juga seharusnya memiliki kegiatan wajib kunjungan museum. 

“Dengan adanya kegitan-kegiatan tersebut  diharapkan dapat menciptakan minat dan rasa cinta anak untuk gemar mengunjungi museum. Selain sebagai destinasi wisata  museum juga dapat menjadi destinasi akademis,” harapnya. (adv/hms3)

Peran Penting Pemerintah Majukan Museum

Kamis, 23/11/2017

Rita Artaty Barito

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.