Sabtu, 09/02/2019

Andai Tak Mampu Gaji P3K, Pemkab Kukar akan Minta Bantuan DAU

Sabtu, 09/02/2019

Ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Andai Tak Mampu Gaji P3K, Pemkab Kukar akan Minta Bantuan DAU

Sabtu, 09/02/2019

logo

Ilustrasi

KORANKALTIM.COM, TENGGARONG - Bukan hanya soal formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja(P3K). Kemampuan keuangan daerah pun menjadi pertimbangan serius untuk melakukan perekrutan tenaga setara ASN ini.

Pemkab Kukar dalam hal ini Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kukar berharap jaminan gaji P3K dibantu Pemerintah Pusat melalui kucuran Dana Alokasi Umum (DAU). Itu pun jika memungkinkan untuk membuka perekrutan P3K.

“Jika hasil analisa perhitungan kemampuan keuangan daerah terlihat adanya ketidakmampuan, maka kami mengharapkan Pemerintah Pusat untuk menambahkan alokasi Dana Alokasi Umum (DAU) untuk Kukar tahun ini dan seterusnya untuk membiayai gaji ASN itu," ungkap Kepala BKPSDM Kukar, Jane AR Nazarudin, Sabtu (9/2/2019).

Menurutnya, jika melihat data APBD beberapa tahun terakhir ini, khususnya 2015- 2019, kemampuan keuangan Kukar sangat terbatas. Tubuh APBD Kukar lebih banyak digerogoti oleh belanja pegawai, sedangkan belanja pembangunan sangat terbatas.

"Diharapkan alokasi penambahan belanja ASN ini tidak akan menghambat jalannya roda pemerintahan dan pembangunan,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Pusat meminta Pemerintah Daerah untuk menjamin gaji P3K.

Jika pun nanti, lanjut Jane, ditetapkan formasi P3K yang diusulkan dan disetujui Kemenpan RB, maka tetap harus mendapat asistensi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Dengan tetap komitmen dan konsisten dari seluruh pihak untuk menjaga proporsional APBD Kukar sesuai kebutuhan, mendahulukan kebutuhan wajib dan mengikat, alokasi untuk pembangunan tetap berjalan, bahkan diharapkan bertambah,” pungkasnya.


Penulis: Reza Fahlevi

Editor: Muh.Huldi

Andai Tak Mampu Gaji P3K, Pemkab Kukar akan Minta Bantuan DAU

Sabtu, 09/02/2019

Ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.