Senin, 05/08/2019

Di Bontang, Ribuan Kepesertaan BPJS PBI Dinonaktifkan

Senin, 05/08/2019

Ilustrasi BPJS ( Foto: net )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Di Bontang, Ribuan Kepesertaan BPJS PBI Dinonaktifkan

Senin, 05/08/2019

logo

Ilustrasi BPJS ( Foto: net )

KORANKALTIM.COM, BONTANG – Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia melakukan perbaruan data peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Jutaan peserta PBI dinonaktifkan kepesertaan BPJS PBI-nya, termasuk ribuan masyarakat Bontang. Dalam SK Kemensos tercatat sebanyak 1.279 peserta BPJS PBI di Bontang yang dinonaktifkan kepesertaannya.

Seperti Surat BPJS Kesehatan yang diterima tertanggal 30 Juli 2019, sesuai dengan SK Kemensos dan Kemenkes tanggal 23 Juli 2019 terdapat penonaktifan peserta PBI jaminan kesehatan APBD Kota Bontang yang tidak terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) sebanyak 1.279 jiwa. Adapun peserta penggantinya sebanyak 195 jiwa bersumber dari BDT sesuai Keputusan Kemensos.

Dirincikan yakni di Kecamatan Bontang Barat sebanyak 98 yang dinonaktifkan dan diganti oleh 13 jiwa. Kecamatan Bontang Selatan 550 jiwa diganti 117 jiwa, dan Kecamatan Bontang Utara 631 yang diganti 65 jiwa.

Menanggapi surat tersebut, Kepala Dinas Sosial, dan Pemberdayaan Masyarakat (Dissos-PM) Bontang Abdu Safa Muha menyebut data tersebut invalid. Pihaknya masih akan melakukan validasi data peserta PBI yang dinonaktifkan. Apakah tidak terdaftar NIK-nya atau seperti apa. “Kami akan validkan dulu data itu, karena biasanya ada orangnya tapi tidak terdata, atau orang tidak ada, dan tidak meminta surat pindah,” jelas Safa, sapaannya.

Selain hendak memvalidkan data dari Kemensos, Safa juga ingin melakukan konsolidasi dengan pihak BPJS Kesehatan cabang Bontang, bersama Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bontang. “Karena pihak Disdukcapil yang memiliki data valid warga Bontang,” sebut Safa lagi.

Konsolidasi pun diharapkan secepatnya terselenggara. Ia tak ingin ketika kepesertaan PBI dinonaktifkan dan masih ada orangnya, tiba-tiba membutuhkan pengobatan. Kalaupun ada, kemungkinan biaya yang digunakan dari bantuan sosial tak terduga. “Tapi kami harapkan tak ada, sambil kami validkan datanya,”ucapnya lagi.

Penonaktifan peserta PBI tertanggal 1 Agustus 2019 lalu, hasil tindaklanjut dari SK Kemensos nomor 79 tahun 2019 tentang Penonaktifan dan Perubahan Data Peserta Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Tahun 2019 Tahap Keenam. (*)


Penulis: */Cholisoh

Editor: Aspian Nur

Di Bontang, Ribuan Kepesertaan BPJS PBI Dinonaktifkan

Senin, 05/08/2019

Ilustrasi BPJS ( Foto: net )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.