Senin, 21/08/2017

Betayau Target Dirikan BUMDes di Setiap Desa

Senin, 21/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Betayau Target Dirikan BUMDes di Setiap Desa

Senin, 21/08/2017

TANA TIDUNG – Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Betayau, Widodo mengatakan bahwa tahun ini instansinya memiliki target pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada enam desa yang ada. Upaya ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, dimana BUMDes berperan sebagai pihak yang nanti memobilisasi dan meningkatkan nilai produksi dari barang yang dihasilkan.

Lebih jauh Widodo menjelaskan, BUMDes yang kelak dibangun memiliki konsep ekonomi kreatif agraria. Dimana setiap hasil perikanan, perkebunan, pertanian dan juga peternakan dapat dijamin pemasaran dan pendistribusiannya. Hal ini bertujuan agar serapan produk dipasaran dapat berbanding lurus dengan kuantitas produksi yang terus meningkat. Sehingga para pelaku usaha kedepannya tidak  dipusingkan dalam pemasaran komoditas.

“Sebenarnya banyak potensi potensi desa yang dikembangkan, target saya tahun ini seluruh desa bisa dibangun BUMDes. BUMDes ini menyokong dan menyangga ekonomi desa. Dimana BUMDes berperan dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada,” terang Widodo.

Selain peran BUMDes dalam hal pemasaran komoditas, Widodo menjelaskan badan usaha ini dapat digunakan sebagai inovasi dalam  mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga pertumbuhan desa beserta masyara-katnya dapat dilakukan secara swasembada dan mandiri.

“BUMDes ini kan memiliki fungsi untuk mendorong desa desa mengembangkan potensinya. Sehingga berimplikasi ada PAD untuk menyokong pembangunan. Selama ini kan ketergantungan masih sangat tinggi terhadap APBN dan juga APBD, sehingga itu yang ingin kita kurangi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Widodo juga menganalisa bahwa sektor potensial selain agraria adalah kerajinan tangan dan ekowisata. Untuk kerajinan tangan yang akan diusahakan pertama kali adalah melakukan kerjasama dengan Dinas Perindutrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop).

Menurutnya kerjasama diimplementasikan dalam permohonan bantuan pelatihan dan analisa jenis kerajinan yang sesuai untuk dikembangkan. Kemudian untuk sektor ekowisata sendiri lebih pada pemanfaatan lokasi-lokasi embung yang ada, dimana BUMDes akan mengimbangi dengan pembangunan kelengkapan serta sarana prasarana untuk mempercantik lokasi ekowisata.

“Tahun ini kita juga sudah menganggarkan dana untuk pembangunan awal BUMDes ini. Selain pertanian tadi memang yang sangat potensial adalah kerajinan tangan dan juga wisata alamnya. Jadi kedepannya itu yang akan kita kembangkan,” tutup Widodo. (ag217)


Betayau Target Dirikan BUMDes di Setiap Desa

Senin, 21/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.