Rabu, 18/03/2020

Tak Ada Piala Eropa dan Copa America Tahun Ini

Rabu, 18/03/2020

EURO 2020 ( Foto: Ist)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Tak Ada Piala Eropa dan Copa America Tahun Ini

Rabu, 18/03/2020

logo

EURO 2020 ( Foto: Ist)

KORANKALTIM.COM - Konfederasi Sepak Bola Eropa (UEFA) dan federasi sepakbola Amerika Latin CONMEBOL menunda dua ajang sepakbola besar di dua benua imbas virus corona. Piala Eropa 2020 dan Copa America dipastikan mundur jadwalnya hingga tahun 2021 mendatang setelah dunia dinyatakan pendemi wabah mematikan dengan nama lain Covid-19 tersebut.

Sky Sports melansir, UEFA menunda Piala Eropa 2020 dan memundurkan jadwal hingga 2021 agar liga-liga di Eropa bisa merampungkan kompetisi di tengah pandemi virus corona. Keputusan ini diambil berdasarkan rapat UEFA yang digelar melalui konferensi jarak jauh, Rabu (18/3/2020) pagi tadi.

Kabar tersebut kali pertama muncul dikonfirmasi Federasi Sepak Bola Norwegia di media sosial. Turnamen yang akan digelar di 12 negara berbeda itu rencananya dimulai pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021. Semula Piala Eropa 2020 bakal digelar pada 20 Juni. Namun, jadwal tersebut terpaksa diubah untuk menyikapi wabah corona yang telah menyebabkan lebih dari 169.000 orang di seluruh dunia terinfeksi.

Sebelumnya, Italia negara Eropa yang paling banyak positif virus corona, sudah melayangkan permintaan penundaan kepada UEFA. Mereka memilih untuk menunda Liga Italia hingga waktu yang tidak ditentukan.

Hingga saat ini, UEFA masih menggelar rapat jarak jauh yang dipimpin Presiden UEFA Aleksander Ceferin. UEFA juga akan membahas kelanjutan Liga Champions dan Liga Europa musim ini. Selain itu, otoritas sepak bola Eropa itu juga akan membuat keputusan terkait masa depan kompetisi di Benua Biru. 

Liga Champions dan Liga Europa yang telah memasuki babak 16 besar pun terpaksa ditunda. "Kesehatan untuk semua yang terlibat dalam permainan ini adalah prioritas," demikian pernyataan UEFA.

Benua Eropa sendiri saat ini telah menjadi episentrum baru penyebaran virus yang terdeteksi mula di Wuhan, China pada akhir tahun lalu. Oleh karena itu, sejumlah negara di Eropa pun telah memberlakukan pembatasan wilayah untuk mengunci terjadinya penyebaran virus corona lebih lebar. Sebelumnya, Euro 2020 direncanakan digelar tengah tahun ini di 12 negara. Final Euro 2020 itu rencananya digelar di London, Inggris.

Selain Piala Eropa,  CONMEBOL pun menunda gelaran Copa America atau pesta sepakbola Amerika Latin yang seharusnya digelar tahun ini. Copa America 2020 seharusnya digelar pada 12 Juni-12 Juli tahun ini. Kejuaraan bola Amerika Latin itu akan digelar di dua negara--Argentin dan Kolombia-- dengan melibatkan 12 tim termasuk undangan yakni Australia dan Qatar. Kini, CONMEBOL telah memutuskan untuk menunda gelaran itu pada 11 Juni-11 Juli 2021.

Seperti dilansir AFP, CONMEBOL mengumumkan penundaan Copa America beberapa saat setelah UEFA mengumumkan penundaan Piala Eropa.

Belakangan diketahui ada komunikasi di antara dua asosiasi itu terkait penundaan gelaran kejuaraan sepakbola tingkat benua tersebut. "Kami juga berterima kasih kepada UEFA dan presidennya, Aleksander Ceferin, yang telah bekerja sama dan keputuusan koordinasi untuk juga menunda Euro 2020 guna hal yang lebih baik bagi seluruh keluarga sepakbola," demikian pernyataan CONMEBOL (*)

Tak Ada Piala Eropa dan Copa America Tahun Ini

Rabu, 18/03/2020

EURO 2020 ( Foto: Ist)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.