Sabtu, 27/04/2019

Kemenkeu Hitung Anggaran untuk Kompensasi Petugas KPPS yang Meninggal Dunia

Sabtu, 27/04/2019

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kemenkeu Hitung Anggaran untuk Kompensasi Petugas KPPS yang Meninggal Dunia

Sabtu, 27/04/2019

logo

KORANKALTIM.COM,BANDUNG -Tahapan penyelenggaraan Pemilu 2019 belum usai. Namun, kisah pilu menyeruak. Ratusan petugas penyelenggara di tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia, sakit karena kelelahan hingga kecelakaan.

Terkait hal ini, pemerintah sudah setuju untuk memberikan kompensasi. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pihaknya menghitung anggaran besaran kompensasi tersebut.

“Nanti kita akan hitung untuk kebutuhan anggarannya untuk memenuhi kompensasi tersebut,” kata Sri Mulyani usai Infrastructure Summit 2019 di Universitas Padjadjaran Bandung, Jumat (26/4/2019),dilansir dari kompas.

Dia menyebutkan, pihaknya akan terus memantau berdasarkan laporan Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengenai jumlah petugas KPPS yang mengalami sakit, kecelakaan sampai meninggal dunia.

Menurut Sri Mulyani, pekerja KPPS mungkin sudah terlindungi asuransi, baik itu asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa.

“Itu sebetulnya bisa ter-cover. Di indonesia mungkin kultur asuransi itu menjadi sangat penting, jadi tentu saya juga akan berharap kita akan terus mengkampanyekan pentingnya asuransi bagi semua masyarakat,” katanya.

Banyaknya petugas KPPS yang meninggal dan jatuh sakit usai penghitungan suara Pilpres 2019, pemerintah dinilai perlu membayar kompensasi.

Komisioner KPU Viryan Aziz menyebutkan hingga pukul 18.00 WIB total sebanyak 225 orang petugas dikabarkan meninggal dunia dan 1.470 orang dikabarkan sakit, total 1.695 orang.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini mengatakan negara seharusnya memberikan kompensasi yang sepadan kepada petugas yang meninggal dunia, sakit, ataupun luka karena kerja untuk Pemilu 2019.

Menurut dia, tidak ada skema asuransi terhadap petugas KPPS yang berkontribusi menyukseskan Pilpres 2019 itu.“Harusnya negara memberi kompensasi yang sepadan,” katanya.(*)

Kemenkeu Hitung Anggaran untuk Kompensasi Petugas KPPS yang Meninggal Dunia

Sabtu, 27/04/2019

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.