Sabtu, 24/02/2024

Malam Ini Nisfu Sya’ban, Ini Amalan-Amalan yang Umat Muslim Sebaiknya Lakukan

Sabtu, 24/02/2024

(freepik)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Malam Ini Nisfu Sya’ban, Ini Amalan-Amalan yang Umat Muslim Sebaiknya Lakukan

Sabtu, 24/02/2024

logo

(freepik)

KORANKALTIM.COM – Bulan Ramadan tahun 2024 atau 1445 Hijriyah kian dekat, hanya hitungan hari dan seperti biasa,15 hari sebelum bulan suci itu diawali dengan Nisfu Sya’ban.

Tanggal 25 Februari hari Sabtu ini, Nisfu Sya’ban disambut umat muslim seluruh dunia dengan menggelar rangkaian ibadah berharap berkah dan kemurahan Allah SWT.

Sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW, malam ini termasuk dalam lima malam yang amat dianjurkan untuk beribadah dan berdoa. Oleh karena itu, ada beberapa amalan yang dapat dilakukan pada malam tersebut untuk mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT.

Lalu apa saja amalan yang harusnya dilakukan di malam Nisfu Sya’ban? Mengutip dari umsu.ac.id hari ini, beberapa hal yang bisa dilakukan umat muslim tersebut antara lain;


1. Memperbanyak Shalat Sunnah

Shalat merupakan kunci utama dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pada malam Nisfu Sya’ban, disarankan untuk memperbanyak shalat sunnah. Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh al-Hafidz Ibnu Hajar, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Shalat adalah sebaik-baik syariat, siapa yang ingin memperbanyak maka perbanyaklah, dan siapa yang ingin melakukan sedikit maka lakukanlah.”

2. Melakukan Shalat Sunnah Tasbih

Shalat Sunnah Tasbih adalah amalan yang sangat dianjurkan pada malam Nisfu Sya’ban. Shalat ini terdiri dari empat rakaat, di mana setiap rakaatnya dilakukan dengan membaca tasbih sebanyak 75 kali. Dengan melakukan shalat ini, diharapkan kita mendapatkan pengampunan dari Allah SWT.

3. Shalat Sunnah Awwabin

Shalat Sunnah Awwabin merupakan shalat yang terdiri dari enam rakaat, yang dilakukan setelah shalat Maghrib dan sebelum Isya’. Pada tiap rakaatnya, bacalah surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlas sebanyak enam kali. Dengan melaksanakan shalat ini, diharapkan kita mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT.

4. Membaca Surat Yasin

Membaca Surat Yasin pada malam Nisfu Sya’ban juga sangat dianjurkan. Surat ini dibaca sebanyak tiga kali, dengan niat yang berbeda pada setiap pembacaannya. Dengan membaca Surat Yasin, diharapkan kita mendapatkan panjang umur, perlindungan dari segala musibah, dan kekayaan hati yang langsung dari Allah SWT.

5. Membaca Tasbih Nabi Yunus

Dzikir “لا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ” yang diajarkan oleh Nabi Yunus AS juga dianjurkan untuk dibaca pada malam Nisfu Sya’ban. Dengan membaca dzikir ini sebanyak yang dianjurkan, diharapkan kita mendapatkan perlindungan dari segala bencana dan keselamatan di dunia dan akhirat.

6. Membaca Ayatul Hirsh

Membaca Ayatul Hirsh (Surat at-Taubah Ayat 128-129) sebanyak 500 kali juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan pada malam Nisfu Sya’ban. Dengan melaksanakan amalan ini, diharapkan kita terhindar dari pertanyaan malaikat di alam kubur.

7. Memperbanyak Doa dan Shalawat Nabi

Selain melakukan amalan-amalan di atas, sangat dianjurkan pula untuk memperbanyak doa dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Berdoalah kepada Allah SWT dengan sungguh-sungguh, memohon ampunan, kesehatan, perlindungan, dan keberkahan dalam hidup.

8. Berpuasa pada Siang Hari

Selain melakukan amalan-amalan di malamnya, sangat dianjurkan juga untuk berpuasa pada siang hari malam Nisfu Sya’ban. Dengan berpuasa, diharapkan kita mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT.

Dengan menjalankan amalan-amalan di atas dengan ikhlas dan penuh keimanan, umat muslim berharap mendapatkan keberkahan, ampunan,  dan rahmat dari Allah SWT pada malam Nisfu Sya’ban.


Editor: Aspian Nur

Malam Ini Nisfu Sya’ban, Ini Amalan-Amalan yang Umat Muslim Sebaiknya Lakukan

Sabtu, 24/02/2024

(freepik)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.