Rabu, 10/04/2024

Kebutuhan Air Bersih Bandara Naratetama di IKN Bakal Dipasok dari Intake Sungai Riko

Rabu, 10/04/2024

Ilustrasi. (Foto: Antara)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Kebutuhan Air Bersih Bandara Naratetama di IKN Bakal Dipasok dari Intake Sungai Riko

Rabu, 10/04/2024

logo

Ilustrasi. (Foto: Antara)

KORANKALTIM.COM, PENAJAM - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), siap melayani kebutuhan air bersih Bandara Naratetama sebagai prasarana penunjang transportasi Kota Nusantara menggunakan penampungan air (intake) Sungai Riko.

"Kami rencana bangun intake Sungai Riko di Kelurahan Riko, Kecamatan Penajam tahun ini," ujar Direktur Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara Abdul Rasyid di Penajam, Selasa (9/4/2024).

"Kami usulkan kepada pemerintah kabupaten untuk bangun intake atau semacam penampungan air baku memanfaatkan Sungai Riko," tambahnya.

 Saran hanya membangun intake bukan bendung itu, lanjut dia, sebab membangun bendung membutuhkan anggaran yang cukup besar dibandingkan intake. Pembangunan bendung diperkirakan belum bisa dilaksanakan pada tahun ini dengan dana yang cukup besar kecuali masuk dalam proyek strategis nasional berkaitan Kota Nusantara, katanya.

 Berdasarkan hasil survei, menurut dia, Sungai Riko memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai sumber air baku. Debit air aliran Sungai Riko sekitar 500 liter per detik sampai 1.000 liter per detik.

"Tetapi, aliran Sungai Riko yang berpotensi untuk dikelola air bersih ke arah hulu yang jaraknya kisaran lima kilometer Jembatan Sungai Riko," tambahnya seperti dilansir dari antarakaltim.com pada Rabu (10/4/2024)

 Kondisi air sekitar Jembatan Sungai Riko. dari hasil survei berupa air payau (perpaduan antara air sungai dan air laut), dan kondisi air di atas lima kilometer dari jembatan baru bisa dimanfaatkan karena bukan berupa air payau.

 Kajian pemanfaatan Sungai Riko sebagai sumber air baku layanan air bersih, kata dia, selain menggunakan sumur bor dilakukan pada 2023 bersama Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Penajam Paser Utara.

 Sungai Riko memadai sebagai sumber air baku untuk memenuhi air bersih Bandara Naratetama yang dibangun di Kelurahan Pantai Lango, Kecamatan Penajam, sekaligus memperluas cakupan layanan air bersih kepada masyarakat di wilayah pesisir.

 Tiga kelurahan yang berada di wilayah pesisir Kecamatan Penajam, yakni Pantai Lango, Gersik dan Jenebora juga bisa mendapatkan layanan air bersih dengan memanfaatkan Sungai Riko itu, kata Abdul Rasyid.

 

Editor: Maruly Z


Kebutuhan Air Bersih Bandara Naratetama di IKN Bakal Dipasok dari Intake Sungai Riko

Rabu, 10/04/2024

Ilustrasi. (Foto: Antara)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.