Rabu, 08/05/2019

Ini Waktu yang Tepat Minum Kopi Selama Bulan Puasa

Rabu, 08/05/2019

Coffe ( Foto: Internet)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Ini Waktu yang Tepat Minum Kopi Selama Bulan Puasa

Rabu, 08/05/2019

logo

Coffe ( Foto: Internet)

KORANKALTIM.COM -Bulan puasa membuat kita harus mengubah banyak kebiasaan. Terutama pola makan dan minum. 

Nah, bagi mereka yang rutin mengonsumsi kopi di hari-hari biasa, tentu tak mudah jika harus puasa ngopi sebulan penuh. 

Bila sudah kecanduan kafein, efek samping seperti sakit kepala dan lemas dapat terasa jika tidak menyesap secangkir kopi sehari saja. Efek ini tentu akan mengganggu kelancaran puasa kita.

Untuk menyiasatinya, strategi sebagian orang  adalah meminum kopi saat buka puasa.Namun, bolehkah kita mengkonsumsi kopi selama bulan puasa?

Menurut Medical Advisor dari Bayer Indonesia, Dr. Suci Sutinah Diah Suksmasari, minum kopi selama bulan puasa sah-sah saja dilakukan. Asalkan tidak diminum untuk menu buka puasa. Pasalnya, kopi mengandung kafein yang cukup berat dan asam yang tinggi.

"Bedanya kafein pada teh sama kopi, kopi tuh asamnya tinggi. Kan ada beberapa jenis kopi yang kalau kita minum after taste-nya asam, nah itu asamnya tinggi," jelasnya, dilansir dari kumparan.com.

Kadar asam yang tinggi pada kopi dapat memicu peningkatan asam lambung bila dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Apalagi, perut kita memang belum mendapat asupan makanan selama kurang lebih 13 jam.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk minum kopi saat berpuasa?

Dr. Suci Sutinah menambahkan, konsumsi makanan atau minuman apa saja sebenarnya tak dilarang. Hanya saja, perlu diperhatikan kapan waktu mengkonsumsinya. Sebaiknya beri jeda waktu beberapa jam setelah buka puasa agar tubuh beradaptasi terlebih dahulu.

Sementara itu, melansir Cleveland Clinic Abu Dhabi, waktu yang dianjurkan untuk mengkonsumsi kopi adalah 2 jam setelah berbuka puasa. Dalam kurun waktu tersebut, setidaknya kita telah mengkonsumsi makanan. Tubuh juga sudah menyesuaikan diri.

Selain itu, disarankan pula mengurangi kadar kafein yang dikonsumsi. Selama bulan puasa, kita bisa mengganti kopi yang kita minum dengan jenis decaf yang lebih rendah kafein.(*)

Ini Waktu yang Tepat Minum Kopi Selama Bulan Puasa

Rabu, 08/05/2019

Coffe ( Foto: Internet)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.