Kamis, 11/04/2024

Tetap Jaga Berat Badan Saat Lebaran, Ini Tips-nya

Kamis, 11/04/2024

Ilustrasi ( Google Image )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Tetap Jaga Berat Badan Saat Lebaran, Ini Tips-nya

Kamis, 11/04/2024

logo

Ilustrasi ( Google Image )

KORANKALTIM.COM, JAKARTA - Saat Lebaran tiba, banyak hidangan lezat yang dihidangkan, mulai dari opor ayam, rendang, sambal goreng hati dan semur daging sehingga  tidak mengherankan jika banyak orang yang mengonsumsinya lebih dari sekali.

Meskipun begitu harus diketahui makanan ini banyak mengandung lemak dan kolesterol. Jika makan terlalu banyak akibatnya berat badan bisa naik atau lebih parah, tekanan darah juga ikut naik.

Dilansir dari Halodoc Kamis (11/4/2024) hari ini, ini tips untuk menjaga berat badan saat dan setelah Lebaran :


1. Kendalikan Porsi Makan

Kendalikan porsi makan untuk menghindari makan berlebihan saat Lebaran. Ambil makanan dengan piring kecil dan makan dengan perlahan. Kamu cukup makan dengan porsi harianmu, tidak perlu dilebih-lebihkan. 

Jika kamu ingin mencoba makanan berlemak seperti rendang atau opor, ambilah secukupnya dan pilih bagian daging yang tidak mengandung banyak lemak.


2. Batasi Asupan Gula

Beberapa camilan dan minuman yang dihidangkan saat Lebaran banyak yang mengandung gula, misalnya kue putri salju, kue nastar, es buah, es sirup dan lainnya. Meski rasanya lezat perlu juga membatasi asupan gula saat Lebaran karena jika dikonsumsi secara berlebihan, asupan gula bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan, diabetes, hingga obesitas.



3. Sarapan Sebelum Berkunjung ke Rumah Saudara

Sebelum berkunjung ke rumah saudara disarankan untuk sarapan terlebih dahulu, bisa sarapan dengan makanan yang mengandung tinggi serat dan rendah kalori, seperti buah-buahan, oatmeal atau roti gandum.  Dengan begitu kita kenyang lebih lama sehingga tidak akan makan berlebihan saat berkunjung ke rumah saudara.


4. Atur Pola Makan

Setelah satu bulan berpuasa, sebaiknya biarkan tubuh untuk beradaptasi dengan jadwal makan yang normal. Satu diantara caranya adalah dengan mengatur pola makan. Misalnya, hindari makan malam di atas jam enam dan perbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang.


5. Tidur Yang Cukup

Walaupun sering disepelekan, faktanya tidur yang cukup memberikan dampak yang signifikan pada pengendalian berat badan. Kurang tidur menyebabkan peningkatan hormon ghrelin yaitu hormon yang meningkatkan nafsu makan. 

Ini juga menyebabkan menurunnya hormon leptin yang berfungsi untuk menekan rasa lapar. Karena itu mulai sekarang biasakan tidur cukup agar tidak makan terlalu banyak saat Lebaran.


6. Rutin Berolahraga

Meski sedang libur panjang, jangan lupa untuk berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, bisa melakukannya dengan berjalan kaki atau olahraga ringan lainnya selama 15 menit. Sebaiknya, lakukan secara rutin agar berat badan kamu bisa kembali seperti semula.

7. Perbanyak Konsumsi Buah dan Air Putih

Di sela-sela ngemil kue Lebaran dan makan ketupat, lengkapi juga dengan mengonsumsi buah-buahan. Konsumsi buah yang kamu sukai dan konsumsilah di pagi hari sebelum makan.

Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih, setidaknya delapan gelas per hari karena air putih bisa membantu mengenyangkan perut dan melarutkan lemak yang membandel.


8. Konsisten

Konsisten menerapkan pola makan sehat merupakan salah satu kebiasaan baik yang dapat membantu mengontrol berat badan. Ketika Lebaran kamu harus tetap konsisten untuk tidak makan terlalu banyak. 

Buatlah rencana sebelumnya mengenai apa yang ingin kamu makan saat Lebaran dan apa yang kamu hindari, lalu tetaplah pada rencana tersebut. Misalnya bila ingin makan opor, kalau begitu perlu hindari makanan lain seperti rendang atau  gulai. Atau bisa mencoba beberapa makanan tapi ingat, harus dalam jumlah yang secukupnya.   



Editor: Aspian Nur

Tetap Jaga Berat Badan Saat Lebaran, Ini Tips-nya

Kamis, 11/04/2024

Ilustrasi ( Google Image )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.