Jumat, 27/09/2019

Air Sedikit Gula Lebih Baik dari Air Putih

Jumat, 27/09/2019

Gula dan air putih (Foto: Internet )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Air Sedikit Gula Lebih Baik dari Air Putih

Jumat, 27/09/2019

logo

Gula dan air putih (Foto: Internet )

KORANKALTIM.COM - Air putih ternyata bukan minuman terbaik untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Penelitian terbaru menemukan minuman terbaik supaya tubuh tidak dehidrasi. Studi dari St Andrews University meneliti efek sejumlah minuman terhadap hidrasi tubuh. Hasilnya, air putih bukan minuman terbaik untuk hidrasi.

Peneliti menemukan, air dengan sedikit gula, lemak, atau protein memiliki efek yang lebih baik untuk hidrasi tubuh. Minuman ini dapat membuat Anda terhidrasi lebih lama dibandingkan air putih. Sedangkan air putih, termasuk juga jenis sparkling, memiliki efek yang cukup baik dan cepat dalam menghidrasi tubuh.

Mengutip CNNIndonesia.com, peneliti Ronald Maughan menjelaskan, terdapat dua faktor yang memengaruhi cara tubuh merespons air. Pertama, semakin banyak minuman yang dikonsumsi, semakin cepat minuman tersebut keluar dari tubuh dan diserap ke dalam aliran darah. Kedua, komposisi nutrisi minuman yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan gula, protein, dan lemak dapat memperlambat penyerapan air di dalam tubuh sehingga membuat tubuh terhidrasi lebih lama.

Studi ini menemukan susu lebih menghidrasi daripada air putih karena mengandung gula laktosa, protein, dan lemak. Kandungan ini membantu memperlambat cairan keluar dari tubuh dan menjaga hidrasi terjadi dalam periode waktu yang lebih lama. Susu juga mengandung natrium yang dapat menahan air di dalam tubuh dan menghasilkan lebih sedikit urine.

Hal yang sama juga berlaku untuk cairan yang digunakan untuk mengobati diare, seperti oralit. Cairan ini mengandung sedikit gula, natrium, dan kalium yang membantu menjaga air tetap berada di dalam tubuh.

Sementara untuk kopi, tergantung pada jumlah kafein yang terkandung di dalamnya. Kopi dengan sekitar 80 mg kafein memiliki efek hidrasi yang hampir sama dengan air putih. Tapi, mengonsumsi lebih dari 300 mg kafein atau 2-4 cangkir kopi per hari dapat menyebabkan kehilangan cairan karena bersifat diuretik atau menghilangkan cairan di dalam tubuh.

Temuan lain, minuman dengan banyak gula seperti minuman bersoda dan jus buah justru kurang menghidrasi. Minuman dengan banyak gula juga memiliki kalori yang tidak memenuhi nutrisi yang sehat.

Begitu pula dengan bir dan minuman beralkohol karena bersifat diuretik sehingga menyebabkan urine keluar lebih banyak. Sebagai catatan, hasil penelitian ini tidak melarang Anda mengonsumsi air putih. Studi ini hanya mengungkap bahwa ada minuman lain yang lebih baik dari air putih. Minum air putih tetap baik dikonsumsi sesuai dengan rekomendasi 2,5 liter atau sekitar delapan gelas setiap hari. (*)

Air Sedikit Gula Lebih Baik dari Air Putih

Jumat, 27/09/2019

Gula dan air putih (Foto: Internet )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.