Senin, 25/11/2019

Ternyata, Tumbuhan pun Suka Ngopi loh!

Senin, 25/11/2019

Ampas kopi ( Foto: ThriftyFun.com )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Ternyata, Tumbuhan pun Suka Ngopi loh!

Senin, 25/11/2019

logo

Ampas kopi ( Foto: ThriftyFun.com )

Anda termasuk penyuka tanaman dan selalu ingin menikmati suasana hijau di lingkungan sekitar? 

 Memang, tidak perlu pergi ke hutan untuk selalu menikmati suasana serupa. Cukup berkebun dan menamanam tumbuhan hijau di sudut ruangan atau di meja kerja. 

Bagi beberapa orang, bukan rahasia lagi bahwa keindahan tanaman mampu memulihkan suasana hati, maka tidak sedikit dari mereka yang menanam tumbuhan hijau. 

Dari mulai cara menanam, cara merawat hingga nutrisi tanah di mana tanaman tumbuh perlu diperhatikan. 

Nah, kabar baiknya, bagi anda punya kebiasaan ngopi, bubuk kopi memang mampu menutrisi tanah sebagai pupuk, agar tanah memiliki cukup nutrisi untuk tanaman apakah itu di pot atau pun di lahan bebas. Mengingat ampas kopi baik untuk tanah, sajian kopi bisa digunakan untuk menyiram tanaman.

Dikutip dari Otten magazine, ampas kopi tidak hanya berguna untuk menutrisi tanah, jika ditaburkan pada sekitaran tanah malahan mampu mengusir beberapa jenis hama yang mengganggu tanaman. Siput kabarnya tidak menghampiri tanaman yang sekitarnya ditaburi bubuk kopi, bahkan kucing pun tidak berkeliaran di kebun yang mungkin bisa mengganggu tumbuh kembang tanaman kamu. Maka tidak heran jika dari manfaat ampas kopi ini, para urban farmer kepikiran memanfaatkan sajian kopi untuk menyiram tanaman.

Mengapa ampas kopi bermanfaat sebagai pupuk, karena 2 persen dari ampas kopi mengandung nitrogen yang menjadi komponen penting untuk tanaman. Sehingga mikroorganisme di tanah dipecah dah dilepaskan oleh nitrogen pada ampas kopi yang meningkatkan suhu dan membantu membunuh hama. Malahan kopi yang diseduh mengandung jumlah magnesium dan potasium yang juga merupakan bahan penyusun pertumbuhan tanaman. Sehingga bisa disimpulkan bahwa memanfaatkan sajian kopi sebagai penyiraman tanaman bisa bermanfaat.

Lalu bagaimana menyeduh kopi untuk penyiraman tanaman, mengapa sering menggunakan air keran sebagai penyiraman tumbuhan. Hal ini menjelaskan bahwa, pH air keran besarannya 7, sedangkan tumbuh tanaman baik di kondisi tanah dengan kadar pH netral 5,8 hingga 7. Tergantung varietasnya, kopi yang diseduh memiliki pH dari 5 hingga 7, maka baiknya memanfaatkan sajian kopi untuk penyiraman harus pada keadaan encer dan suhu tidak panas.

Menyiram tanah dengan sajian kopi encer mampu meningkatkan kadar asam tanah, dan baik untuk beberapa tanaman yang menyukai kadar tanah asam. Umumnya tanaman yang menyukai kontur tanah asam adalah bunga, seperti bunga african violets, azaleas, amaryllis dan banyak lagi. Pernahkah kamu memiliki pengalaman berkebun dan menyiraminya dengan sajian kopi?

Ternyata, Tumbuhan pun Suka Ngopi loh!

Senin, 25/11/2019

Ampas kopi ( Foto: ThriftyFun.com )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.