Selasa, 02/06/2020

Pemerintah Putuskan Tak Ada Jemaah Haji Berangkat Tahun Ini

Selasa, 02/06/2020

Kabah ( Foto: ist/net)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pemerintah Putuskan Tak Ada Jemaah Haji Berangkat Tahun Ini

Selasa, 02/06/2020

logo

Kabah ( Foto: ist/net)

KORANKALTIM.COM. JAKARTA -- Calon jemaah haji Indonesia harus mengelus dada. Pupus sudah kerinduan untuk bertamu ke rumah Allah.

Pemerintah melalui Kementerian Agama, pada Selasa (2/6/2020), akhirnya memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah haji pada tahun 2020 ini. Hal tersebut sebagai upaya pemerintah melindungi warga negaranya pada masa pandemi Covid-19 ini.

Keputusan itu disampaikan langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi dalam konferensi pers secara virtual. Dalam pengumuman itu, Menteri Agama didampingi oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid serta Dirjen Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh.

Dilansir dari republika.co.id, Menag menyatakan Arab Saudi tak kunjung memberi kepastian soal penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. 

Jadi, ini penyebab Pemerintah Indonesia tak punya cukup waktu untuk melaksanakan persiapan haji. "Berdasarkan kenyataan tersebut, pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah haji pada tahun 1441 H atau 2020 ini. Keputusan ini saya sampaikan melalui Keputusan Menteri Agama RI No 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada Penyelengagraan Ibadah Haji pada 1441 H atau 2020 M," kata Menag Fachrul Razi.

Menurut Menag, sesuai amanat undang-undang, selain kemampuan ekonomi dan fisik, keselamatan dan keamanan jamaah haji harus diutamakan, yaitu sejak dari embarkasi dalam perjalanan dan di Arab Saudi.

"Sungguh ini keputusan pahit dan sulit. Di satu sisi kita sudah upaya bersama untuk menyiapkan penyelenggaran haji tahun ini sebagai tugas pembinaan dan pelayanan. Tapi, di sisi lain kita punya tanggung jawab perlindungan bagi jamaah dan petugas haji. Ini tugas negara untuk menjamin keselamatan warganya," kata Menag.(*)

Pemerintah Putuskan Tak Ada Jemaah Haji Berangkat Tahun Ini

Selasa, 02/06/2020

Kabah ( Foto: ist/net)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.