Kamis, 25/10/2018

Dilarang Acungkan Satu atau Dua Jari Dalam Penyambutan Presiden Jokowi di Samarinda

Kamis, 25/10/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Dilarang Acungkan Satu atau Dua Jari Dalam Penyambutan Presiden Jokowi di Samarinda

Kamis, 25/10/2018

logo

SAMARINDA - Kedatangan Presiden Joko Widodo ke Samarinda dalam momen tahun politik, menjadi perhatian khusus. Penjabat Sekretaris Provinsi (Pj Sekprov) Kaltim Meiliana membeber, sejumlah catatan diberikan kepadanya untuk memastikan tidak terjadi di luar kendali, yang dikhawatirkan dapat menjadi pemicu pecahnya kondusifitas hingga mengancam keamanan RI-1.

“Catatan yang tidak dibolehkan oleh Paspampres dari istana langsung itu tadi, protokol istana. Catatannya ucapan selamat datang itu tidak boleh ada foto pak Jokowi, jadi kalau misalnya Kaltim hendak mengucapkan selamat datang, pasang foto pak Isran. Foto presiden tak boleh kata Protokol Istana,” jelasnya ditemui usai rapat final kesiapan kedatangan presiden bersama Korem 091/ASN dan pihak terkait di Kantor Gubernur Kaltim, kemarin.

Tak hanya itu, drone atau pesawat tanpa awak juga tidak diperkenankan beroperasi selama acara, kecuali milik Biro Setpres. “Acung jari ya tak boleh 1 atau 2 sama saja tidak boleh, ngapain begitu? Kalau foto ga usah acungkan jari lah. Yang biasa aja lah,” paparnya.

Hal itu kata Mei merupakan standar prosedur keamanan yang harus ditaati. Ia juga menyebut, Paspampres dan Protokol Istana juga mengantisipasi kemungkinan adanya aksi demonstrasi. 

“Soal imbauan agar tidak ada demo, itu kan biasa, tapi itu diantisipasi. Mudahan kedatangan ke Kaltim lancar,” akunya.

Sesuai jadwal, Presiden Repubublik Indonesia (RI) Joko Widodo tiba, Kamis (25/10). Kunjungan kerja orang nomor satu di tanah air itu dalam rangka untuk meresmikan Bandara APT Pranoto Samarinda dan sejumlah kegiatan lainnya yang rencananya akan berlangsung di gedung Convention Hall, Jalan KH Wahid Hasim.

Ribuan personel gabungan TNI dan Polri serta instansi terkait disiagakan menjaga keamanan. “Untuk persiapan pengamanan, Insya Allah sudah 95 persen. Saya selaku Dansatgas Pamwil di Samarinda, kami mengerahkan pasukan kurang lebih 1.700 orang,” kata Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Irham Waroihan, ditemui Koran Kaltim di Bandara APT Pranoto, Rabu (24/10).

“Kami sudah apel gelar pasukan. Tadi saya ngecek personel dan juga perlengkapan yang akan digunakan, semua sudah siap,” sambung Irham.

Dia menyatakan pengamanan disiapkan mengawal setiap rangkaian kegiatan presiden selama di Samarinda. “Pengamanan akan dilakukan di bandara dan juga sepanjang rute yang dilalui,” paparnya. “Presiden akan membuka Muktamar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-30 dan juga membuka Muktamar Ikatan Isteri Dokter Indonesia (IIDI) yang ke-21,” katanya.

Setelah kegiatan tersebut, juga akan ada pembukaan pameran UMKM kesehatan Seluruh Indonesia. Terakhir, Presiden akan membagikan sertifikat tanah. “Laporan terkahir dari Badan Pertanahan Nasional (BPN), ada sekitar 5.066 sertifikat yang akan diserahkan secara simbolis ke perwakilan warga, setelah itu beliau (presiden) kembali,” tandasnya. 

Sementara itu, terkait beberapa ruas jalan di kawasan Samarinda Utara yang kerap tergenang bajir saat hujan lebat, sementara kawasan tersebut menjadi jalur menuju ke Bandar APT Pranoto yang berada di Kelurahan Sungai Siring, Samarinda Utara, Irham menuturkan, pihaknya telah memikirkan hal tersebut. “Itu (masalah banjir) sudah kami pikirkan yah, kalau tidak ada ada jalur lain kan ada jalur udara kan, kita kan punya heli yah, mudah-mudahan tidak hujan lah,” demikian Irham. (rs/dor)

KEGIATAN PRESIDEN SELAMA DI SAMARINDA

. Pembukaan Muktamar IDI ke-30 di Convention Hall Stadioan Madya Sempaja Samarinda

. Pembukaan Muktamar IIDI yang ke-21 di Convention Hall Stadioan Madya Sempaja Samarinda

. Pembukaan Pameran UMKM Kesehatan Seluruh Indonesia

. Pembagian 5.066 lembar sertifikat tanah


Dilarang Acungkan Satu atau Dua Jari Dalam Penyambutan Presiden Jokowi di Samarinda

Kamis, 25/10/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.