Sabtu, 29/12/2018

Rawat Arsip Demi Keutuhan Negara

Sabtu, 29/12/2018

Anggota DPRD Kaltim Irwan Faisyal HP

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Rawat Arsip Demi Keutuhan Negara

Sabtu, 29/12/2018

logo

Anggota DPRD Kaltim Irwan Faisyal HP

KORANKALTIM.COM. SAMARINDA - Anggota DPRD Kaltim Irwan Faisyal HP berharap pemerintah khususnya Pemprov Kaltim terus berupaya meningkatkan kualitas sistem pengarsipan di Kalimantan Timur. Sebab bukan masalah kecil yang ditimbulkan akibat buruknya sistem pengarsipan, bahkan menurut Irwan keutuhan negara terancam akibat pengarsipan yang kurang baik.

Seperti arsip yang kurang tersimpan baik maka Indonesia pernah kehilangan satu wilayah di Kaltim, yaitu Ligitan dan Sipadan yang kini masuk menjadi wilayah negara Malaysia. Oleh karena itu pentingnya menjaga, merawat dan mendokumentasikan berbagai data menjadi sebuah arsip daerah merupakan sebuah hal yang sangat mendasar. "Sebab dari selembar arsip lengkap yang tersimpan dengan baik akan menyelamatkan keutuhan dan keamanan daerah serta negara ini," sebutnya.

Lebih lanjut Irwan mengatakan, bahwa arsip merupakan sebuah produk yang dapat menyelamatkan keutuhan negara ini dari berbagai ancaman pencamplokan wilayah, ia berharap Kaltim yang saat ini telah membahas perda terkait arsip melalui pansus DPRD Kaltim. Maka harapannya perda tersebut nantinya mampu menjadi payung hukum yang jelas dan tegas dalam sebuah sistem pengarsipan daerah. Sistem pengarsipan juga harus terus dievaluasi sejauh mana efektifitasnya untuk terus memperkuat keamanan, selain itu klasifikasi prioritas pengarsipan juga harus diperhatikan. Mana yang sifatnya rahasia dan mana yang boleh atau tidak boleh disampaikan pada pihak lain. (adv/*3)

Rawat Arsip Demi Keutuhan Negara

Sabtu, 29/12/2018

Anggota DPRD Kaltim Irwan Faisyal HP

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.