Jumat, 12/04/2019

Kawasan Sentra Unggulan Kaltim Dimana?

Jumat, 12/04/2019

Wakil Ketua DPRD Kaltim Henry Pailan Tandi Payung

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Kawasan Sentra Unggulan Kaltim Dimana?

Jumat, 12/04/2019

logo

Wakil Ketua DPRD Kaltim Henry Pailan Tandi Payung

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA – Untuk meningkatkan pendapatan daerah sudah saatnya Kalimantan Timur menetapkan kawasan sentra unggulan disektor pertanian dan perkebunan dalam arti luas.

"Brand atau merek hal yang penting dalam promosi daerah, seperi Bogor terkenal dengan talasnya, Malang dengan apelnya, dan lainnya. Sedangkan Kaltim sampai saat ini belum ada, padahal sudah banyak masukan dari pemerintah pusat terkait hal ini,"kata Wakil Ketua DPRD Kaltim Henry Pailan Tandi Payung.

Untuk memulai program tersebut pemerintah harus terlebih dahulu melakukan pemetaan wilayah mana saja yang secara geografis dan teritorial menjadi tempat terbaik dalam mengembangkan komoditas agrobisnis.

Indikator penting yang harus diperhatikan dalam menentukan kawasan sentra produksi dan prioritas adalah berdasarkan potensi subsektor pertanian tanaman pangan, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan peternakan untuk dikembangkan menjadi suatu KSPA. “Berau pernah ditetapkan sebagai daerah yang menjadi lumbung jagung yang nantinya diharapkan akan mampu memenuhi kebutuhan lokal maupun nasional, akan tetapi sayangnya hingga saat ini belum mampu berjalan karena terhambat beberapa kendala," kata Henry lagi.

Kegagalan tersebut harusnya menjadi evaluasi bersama sekaligus membuat program yang lebih baik dan maksimal dengan melibatkan sejumlah pihak yang ahli dibidangnya sehingga meminimalisir kemungkinan kegagalan. "Saya mendukung langkah pemerintah yang memasukkan program penetapan komoditas unggulan ini dalam musyawarah rencana pembangunan Kaltim 2020, ini langkah positif dan dewan selaku mitra kerja akan mengawal agar program tersebut dapat terlaksana,"ujar legislator daerah pemilihan Bontang, Kutim, dan Berau ini.

Pemprov  Kaltim telah menetapkan kedepan Penajam Paser Utara sebagai daerah untuk pengembangan tanaman holtikultura, Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai pengembangan sektor perikanan dengan memaksimalkan sejumlah danau pasca tambang.(adv/*2)

Kawasan Sentra Unggulan Kaltim Dimana?

Jumat, 12/04/2019

Wakil Ketua DPRD Kaltim Henry Pailan Tandi Payung

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.